20 Desember 2013

Upload Video Vine Melalui PC dengan VineClient

Vine adalah aplikasi mobile (untuk Android, iOS, dan Windows Phone) yang memungkinkan Anda untuk merekam dan mengupload video singkat (berdurasi 6 detik), lalu membagikannya pada teman-teman Anda sesama pengguna Vine atau media sosial lainnya.

Vine

Hanya 6 detik? Apa bagusnya? Jangan salah, justru dari keterbatasan waktu tersebut, kreativitas Anda dalam merekam video akan diuji. Sebagai contoh, silakan amati salah satu video Vine dari Jethro Ames ini.


Iya, benar sekali, di Vine, video stopmotion seperti itu memang sedang digandrungi. Hanya itu? Tentu saja tidak. Anda bisa melihat berbagai macam kreativitas para pengguna Vine yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi Anda, seperti video dari Khoa ini.


Sampai artikel ini ditulis, Anda hanya bisa mengunggah video yang direkam langsung melalui aplikasi Vine, dengan kata lain, Anda tidak bisa mengunggah video yang ada di galeri ponsel atau tablet Anda (yang Anda rekam menggunakan aplikasi selain aplikasi Vine).

Masalah lainnya, bila Anda pengguna perangkat Android, terutama yang masih betah di Gingerbread (2.3), setelah memasang aplikasi Vine, Anda hanya bisa melihat-lihat video tanpa bisa mengunggah video Anda sendiri. Bahkan, perangkat yang sudah berjalan dengan Jelly Bean pun, ada yang tidak bisa digunakan untuk merekam video dengan Vine.

Bila Anda hanya ingin melihat video-video yang ada di Vine, mungkin fitur upload tidak menjadi masalah bagi Anda. Tapi, bila Anda ingin mengunggah atau mengupload video Vine namun perangkat Android Anda tidak memiliki fitur upload Vine, tentu saja itu merupakan suatu masalah.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan VineClient untuk mengunggah video kreatif Anda ke Vine. Apa itu VineClient? VineClient adalah ekstensi browser Google Chrome yang mampu menghadirkan pengalaman menggunakan Vine di PC atau komputer Anda, iya, termasuk upload video Vine.

VineClient

Dengan menggunakan VineClient, Anda bisa menggunakan Vine dengan antar-muka yang berbasis web (jadi seperti menggunakan Vine versi web). Layaknya menggunakan aplikasi Vine di perangkat mobile, di VineClient Anda bisa berinteraksi dengan pengguna Vine lain (berkomentar, like, dan revine). Selain itu, simak fitur-fitur VineClient berikut ini.

UPDATE 24/06/2016: Ekstensi VineClient untuk Chrome kini tak lagi tersedia, namun kita masih bisa menggunakan VineClient melalui situs resminya (berbayar alias tidak gratis). Alternatifnya, kita bisa upload video Vine secara gratis melalui aplikasi resmi Vine untuk Windows 10.


Fitur-fitur VineClient

  • Upload video Vine melalui komputer/PC/laptop
  • Download video Vine untuk disimpan di komputer/PC/laptop
  • Jelajahi video Vine dengan komputer Anda
  • Share video Vine dengan shortlink yang disediakan oleh VineClient


Cara upload video Vine melalui komputer/PC/laptop tidaklah sulit, cukup ikuti langkah-langkah ini.

Cara upload video Vine melalui PC dengan VineClient

  • Buka browser Google Chrome Anda (belum punya? Download Google Chrome terlebih dahulu)
  • Install ekstensi VineClient untuk Chrome (sudah dihapus sob, baca UPDATE di atas).
  • Buka VineClient dengan klik pada ikon VineClient di deretan ekstensi Chrome Anda.
  • Login menggunakan akun Vine Anda, bila belum punya, lakukan registrasi melalui aplikasi resmi Vine di perangkat mobile Anda (pastikan Anda registrasi dengan menggunakan email, bukan menggunakan akun Twitter, karena saat ini VineClient belum mendukung login via Twitter).
  • Arahkan mouse Anda pada ikon Home lalu pilih menu Upload
  • Siapkan video singkat Anda, usahakan tidak lebih dari 6 detik dan berukuran maksimal 5MB dengan format 3GP, 3GP2, AVI, FLV, M1V, M2V, M4V, MKV, MP4, MPEG, OGG, atau WMV.
  • Beri keterangan mengenai video Anda, beri hastag bila perlu
  • Pilih Channel yang tersedia
  • Kemudian klik Start Upload



Iya, upload Video di Vine via PC tidak sesulit yang Anda kira, kini giliran Anda mencobanya sendiri. Sebagai tambahan, simak video keren dari Pinot (pengguna Vine asal Indonesia) berikut ini.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×