07 Juni 2013

Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Category Tabs di Inbox Gmail

Baru-baru ini, Google menambahkan fitur Category Tabs di inbox Gmail yang memudahkan pengguna dalam mengakses email. Secara sederhana, fitur Category Tabs akan memilah email yang masuk ke inbox Gmail Anda sesuai dengan kategorinya ke dalam tab-tab khusus, seperti tab Primary untuk email-email penting, tab Social untuk email-email dari media sosial, tab Promotions untuk promosi (iklan, penawaran), dsb.

Fitur Category Tabs di Inbox Gmail

Fitur terbaru Gmail tersebut akan dirilis secara bertahap. Meski begitu, Google memberi kesempatan pada Anda untuk mencoba kemudahan Category Tabs di Inbox Gmail saat ini juga dengan cara Memudahkan di bawah ini.


Cara Mengaktifkan Fitur Category Tabs di Inbox Gmail


Langkah 1 Buka Gmail Anda, klik ikon gir di samping kanan atas, kemudian pilih Configure Inbox.

Configure Inbox

Langkah 2 Selanjutnya, akan muncul jendela baru, pilih kategori yang Anda ingin tampilkan sebagai tab di Inbox Gmail Anda dengan memberinya tanda centang, jangan lupa untuk klik tombol Save.

pilih kategori

Langkah 3 Halaman Gmail akan reload secara otomatis dan menyambut Anda dengan perkenalan sekilas mengenai Inbox Gmail baru dengan fitur Category Tabs, klik tombol Okay, got it! untuk melanjutkan, atau klik Lean More... untuk info lanjutan.

perkenalan sekilas mengenai Inbox Gmail baru

Langkah 4 Setelah klik tombol Okay, got it!, fitur Category Tabs kini tersedia di Inbox Gmail Anda. Silakan mencicipi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan fitur baru Gmail tersebut. Bila Anda merasa ada yang salah dengan pemilahan kategori email yang dilakukan secara otomatis oleh Gmail, Anda dapat memindahkan email-email tersebut ke tab lain dengan melakukan drag & drop, atau klik kanan > Move to tab.

drag & drop

Sampai di sini, langkah mengaktifkan fitur Category Tabs di Inbox Gmail telah selesai. Bila Anda masih ragu untuk beralih ke fitur baru tersebut, silakan simak terlebih dahulu video ini.



Cara Mematikan Fitur Category Tabs di Inbox Gmail


Apa? Anda tidak suka dengan fitur Category Tabs di Inbox Gmail? Tenang, Anda dapat mematikan fitur tersebut kapan saja Anda mau dengan cara menghapus centang pada semua tab kategori (kecuali Primary) di pengaturan Gmail Anda, caranya hampir sama dengan cara yang telah dibahas pada Langkah 1 dan 2.

Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×