03 Januari 2013

Canonical Memperkenalkan Ubuntu for Phones, Dirilis Akhir Tahun Ini

Hari ini pihak Canonical (perusahaan di balik kesuksesan Ubuntu) memperkenalkan sistem operasi Ubuntu untuk perangkat mobile, yang diberi nama Ubuntu for Phones. Rencananya Ubuntu versi mobile tersebut akan tersedia pada akhir tahun 2013 ini.

Ubuntu Phone OS

Ubuntu for Phones dibangun menggunakan kernel dan driver Android, namun tanpa dukungan Java Virtual Machine. Menurut keterangan dari Canonical, OS tersebut dapat dijalankan pada hardware berbasis ARM maupun x86. Sebagai permulaan, simak video berikut.


Dari video di atas, Ubuntu for Phones terlihat sangat menarik dengan antarmuka khas Ubuntu. Kendali sentuhnya didominasi oleh gesture, termasuk antarmuka Unity yang dapat dimunculkan dari sisi kiri layar. Untuk dukungan aplikasi, Canonical telah menyediakan Ubuntu Software Center yang berfungsi layaknya Google Play Store di Android. Selengkapnya, simak presentasi dari Mark Shuttleworth (founder Ubuntu) melalui video berikut ini.



Walaupun Canonical telah sukses dengan Ubuntu versi desktop (untuk PC dan laptop), tidak menjamin Ubuntu for Phones yang baru diperkenalkan ini bisa sukses di persaingan pasar sistem operasi mobile, mengingat saat ini, pasar tersebut masih dikuasai oleh iOS dan Android.

Sebagai perbandingan, kita dapat melihat Microsoft yang bisa dibilang sangat sukses dengan sistem operasi Windows untuk PC maupun laptop. Namun di sisi lain, Windows Phone (OS mobile milik Microsoft) yang diprediksi akan mewarisi kesuksesan Windows versi desktop, ternyata belum sepenuhnya mampu mengimbangi dominasi iOS dan Android. Lalu bagaimana dengan nasib Ubuntu for Phones ini?

Ubuntu for Phones

Ini hanya sekedar opini, apakah nantinya Ubuntu for Phones mampu bersaing dengan OS mobile lainnya? kita lihat saja nanti :)

via Ubuntu

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×