10 November 2012

10 Fenomena Luar Angkasa yang Terjadi Selama Tahun 2012

Di tahun 2012 ini, banyak terjadi berbagai fenomena luar angkasa, baik yang terjadi secara alami, hasil penelitian para ahli, maupun momen khusus yang berhubungan dengan luar angkasa. Berikut ini kami sajikan 10 fenomena luar angkasa yang terjadi selama tahun 2012.

Astronot


1. Fenomena Supermoon

Pada bulan Mei, bulan purnama sedang dalam posisi terdekat dengan bumi, sehingga menimbulkan fenomena astronomi yang disebut supermoon. Saat terjadi supermoon, ukuran bulan lebih besar 14% dan lebih terang 30% dari bulan purnama pada umumnya (dilihat dari bumi).

Supermoon


2. Triathlon Pertama di Luar Angkasa

Sunita Williams, salah satu astronot NASA, menyelesaikan triathlon pertama yang dilakukan di luar angkasa. Ia berlari, bersepeda, dan berenang di luar angkasa dalam waktu yang bersamaan dengan triathlon yang dilakukan oleh para atlet di Nautica Malibu, California Selatan, September lalu.

Sunita Williams Triathlon


3. NASA Menemukan 26 Planet Baru dalam 11 Tata Surya

Januari lalu, NASA mengumumkan adanya 11 tata surya dengan 26 planet baru yang ditemukan menggunakan teleskop Kepler. Rata-rata planet yang ditemukan tersebut beradius antara satu setengah kali radius bumi sampai seukuran planet Jupiter.

planet baru kepler


4. Nyanyian Bumi di Luar Angkasa

Satelit Storm Probe menangkap gelombang radio dari orbit Van Allen. Secara teknis, kita tidak dapat mendengar suara di luar angkasa, tapi setelah gelombang radio tersebut dirender, kita dapat mendengarkannya. Sekilas suara "nyanyian" Bumi tersebut mirip dengan suara ikan paus.


Nyanyian Bumi


5. Perjalanan Pesawat Ulang Alik Endeavour di Jalanan LA

Dengan ditarik oleh mobil Toyota Tundra, pesawat ulang alik Endeavour menempuh perjalanan sepanjang sekitar 19 kilometer menuju museum California Science Center melewati jalanan di kota Los Angeles. Momen tersebut disaksikan oleh para warga sekitar dan menjadi tontonan langka yang sangat menarik perhatian.

Pesawat Ulang Alik Endeavour

Toyota Tundra


6. SpaceX Dragon dan Stasiun Luar Angkasa Internasional

SpaceX, sebuah agensi perjalanan luar angkasa mendapat persetujuan dari NASA untuk mengirimkan 20 ton suplai kebutuhan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS: International Space Station). Misi pengiriman barang menggunakan SpaceX Dragon tersebut merupakan langkah awal dari perjalanan komersial ke luar angkasa untuk masyarakat sipil.

SpaceX Dragon


7. Lompatan Luar Angkasa Felix Baumgartner

Felix Baumgartner, seorang stuntman, melakukan lompatan fenomenal dari ketinggian 128.100 kaki di luar angkasa Oktober kemarin. Ia mencatat rekor dunia untuk lompatan tertinggi (128,100 kaki), rekor jatuh bebas denga jarak terpanjang (119.846 kaki), dan rekor kecepatan vertikal maksimum (833.9 mph). Selain itu, Felix Baumgartner juga memecahkan rekor Youtube untuk siaran video langsung terbanyak yang ditonton secara bersama-sama.

Felix Baumgartner


8. Pandangan Terjauh ke Luar Angkasa 

Teleskop luar angkasa Huble menangkap pandangan terjauh ke luar angkasa. Pandangan tersebut diabadikan dalam sebuah foto yang berjudul eXtreme Deep Field, yang menggambarkan ribuan galaksi yang berjarak miliaran tahun cahaya dari bumi. Foto tersebut merupakan gabungan dari pandangan teleskop Huble yang diambil selama 10 tahun.

Bayangkan saja, cahaya-cahaya yang nampak dalam foto ini datang dari planet atau bintang yang saat ini sudah menghilang atau musnah, betapa jauhnya.

eXtreme Deep Field


9. Neil Armstrong Meninggal Dunia

Pada bulan Agustus, manusia pertama yang mendarat di bulan, Neil Amstrong, meninggal dunia pada usia 82 tahun setelah terjadi komplikasi saat operasi jantung.


Pada tanggal 20 Juli 1969, Neil Amstrong mencatat sejarah baru umat manusia dengan mendarat di bulan dan berkata, "That’s one small step for man, one giant leap for mankind."

Neil Armstrong


10. Curiosity Rover Mendarat di Planet Mars

Setelah mendarat di permukaan planet Mars pada tanggal 5 Agustus lalu, Curiosity menemukan sebuah kanal kuno yang diperkirakan pernah dialiri air, mengumpulkan sampel batuan Mars, mengambil foto, dan cek in Forsquare di Mars.

Misi Curiosity direncanakan akan berlangsung selama 23 bulan, dan sampai saat ini, masih tersisa 20 bulan lagi untuk menjelajahi Mars.

Curiosity Rover

via Mashable

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×