19 Oktober 2012

Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal Dirilis, Your Wish is Our Command

Canonical telah mengumumkan perilisan Ubuntu 12.10, versi terbaru dari sistem operasi Linux populer mereka, dengan slogan Avoid The Pain of Windows 8 "Your wish is our command."

Your wish is our command

Setelah proses pengembangan selama kurang lebih 6 bulan, Ubuntu 12.10 dirilis dengan berbagai fitur baru untuk yang dioptimalkan untuk PC atau laptop.

Ubuntu 12.10 seolah-olah ingin mengaburkan batasan antara web dan dekstop. Hal tersebut terlihat dari adanya Unity Web Apps, sebuah fitur inovatif yang memungkinkan lebih dari 30 situs web populer untuk 'mengintegrasikan' fitur mereka ke desktop Ubuntu layaknya aplikasi normal.

Unity Web Apps

Setelah diintegrasikan, situs-situs seperti Gmail, Facebook, Youtube, dan Twitter dapat berjalan di Ubuntu 12.10 dengan membuka browser khusus untuk situs-situs tersebut. Selain itu, seperti di Ubuntu versi sebelumnya, akan ada tanda pada ikon situs yang sedang aktif dan juga ikon notifikasi sebagai penanda bila ada email masuk misalnya.

notifikasi Ubuntu 12.10

Selanjutnya ada fitur "Preview" untuk Unity yang memungkinkan Anda untuk mengetahui lebih detil mengenai aplikasi maupun file yang hendak dibuka atau didownload.

music preview unity

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fitur terbaru Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, silakan simak video dari OMG! Ubuntu! berikut ini.


Bila Anda ingin mencoba fitur-fitur Ubuntu 12.10 secara langsung, pihak Canonical telah menyediakan Ubuntu Online Tour yang dapat diakses melalui situs resminya.

Perlu diketahui bahwa rilis pertama dari Ubuntu 12.10 ini tidak muat bila dimasukkan ke dalam CD, sehingga setidaknya Anda harus menggunakan DVD atau USB. 

Untuk mengunduh Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, Anda dapat langsung menuju situs resmi dari Ubuntu, atau melalui link berikut ini.

Download Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×