31 Agustus 2012

8 Cara Untuk Mengamankan Password Anda

Banyak berita beredar di internet mengenai pembobolan password yang disebabkan oleh kesalahan pemilik password sendiri. Misalnya saja akun Twitter beberapa artis di Indonesia yang berhasil diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab hanya dengan cara menebak-nebak password saja.

Amankan Password Anda

Password yang mudah ditebak tentu bukanlah password yang aman. Password semacam itu biasanya digunakan oleh para pengguna internet pemula yang masih belum begitu memedulikan masalah keamanan di dunia maya. 

Bagaimana dengan password Anda? mudahkah ditebak? Ingin password Anda aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab? Mari kita simak 8 cara untuk mengamankan password berikut ini.

Pastikan Anda tidak menggunakan password-password dengan menggunakan kata-kata, angka atau karakter yang umum digunakan seperti '123456', 'qwerty', 'welcome', 'ninja', dan juga 'abc123'. Bila Anda memakai salah satu dari password-pasword umum tersebut, segeralah mengganti password Anda.

Dumb and Dumberer


Buatlah password yang panjang tetapi mudah diingat, jangan sampai Anda membuat password yang terlalu panjang lalu melupakannnya saat dibutuhkan.

Long jump mini copper


Untuk mempermudah mengingat password Anda, gunakan password berdasarkan kalimat yang mudah diingat, misalnya kalimat "aku lahir tahun 1990 di Ponorogo" menjadi "ALT9o@PnRg0"

Train your brain


Jangan gunakan password yang sama untuk akun yang berbeda. Gunakan password yang berbeda untuk akun email dan media sosial Anda. Misal: Seandainya password Facebook Anda berhasil dibobol, Anda masih bisa me-reset-nya menggunakan akun email yang Anda gunakan saat mendaftar Facebook, sehingga akun Facebook Anda dapat terselamatkan.

Petronas Twin Towers


Agar tidak kesulitan dalam mengingat banyak password, ciptakan sebuah password dasar. Bila password dasar Anda adalah  "ALT9o@PnRg0", padukan pasword tersebut dengan nama layanan yang Anda gunakan, misalnya untuk akun Gmail gunakan  "ALT9o@PnRg0Ggml", untuk akun Facebook gunakan  "ALT9o@PnRg0fb". 



Gantilah password Anda secara berkala. Semakin sering Anda mengganti password, semakin sulit para peretas untuk membobol akun Anda.

Recyle Logo


Apabila Anda pengguna Gmail, atau layanan Google lainnya, gunakan verifikasi 2 tahap untuk akun Anda. Setiap satu bulan sekali Anda akan menerima SMS yang berisi password yang harus Anda masukkan sebelum password utama Anda.

Google 2 Step verivication


Terakhir, kunjungi situs How Secure Is My Password untuk menguji seberapa aman password yang Anda gunakan.

How Secure Is My Password

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×