10 Maret 2019

Cara Membeli Voucher Google Play Store dengan OVO Point

Ditulis oleh pada 10.3.19
Google Play Store adalah toko online yang menjual berbagai macam konten digital untuk perangkat Android. Untuk saat ini, pengguna Android di Indonesia bisa membeli aplikasi, game, film, dan buku di Google Play Store. Iya, memang tidak harus beli sob, karena sebagian besar konten di Play Store (terutama aplikasi dan game) bisa diunduh secara gratis.

Membeli Voucher Google Play Store dengan OVO

Pun demikian, tidak sedikit pula konten premium Play Store yang hanya bisa diunduh atau dimiliki setelah kita melakukan pembelian. Bagaimana cara membeli konten, aplikasi atau game di Play Store? Ada beberapa cara sob, di samping menggunakan kartu kredit/debit, kita bisa membeli konten Play Store dengan cara potong pulsa atau menggunakan saldo Google Play. Apa itu saldo Google Play?

Saldo Google Play adalah kredit yang dapat digunakan untuk membeli aplikasi, game, dan konten digital di Google Play Store. Agar bisa digunakan tentu kita harus menambah atau mengisi saldo Google Play dengan nominal tertentu. Lalu bagaimana cara mengisi saldo Google Play? Bisa menggunakan kartu hadiah atau kode voucher Google Play sob (yang bisa dibeli di beberapa merchant seperti Indomaret, Tokopedia, Codashop, dsb).


Nah, untuk kali ini, Memudahkan akan membahas bagaimana cara membeli voucher Google Play dengan OVO Point. Berhubung saat ini aplikasi OVO belum memiliki fitur pembelian voucher Google Play, kita gunakan aplikasi Tokopedia sebagai solusinya.


Cara Beli Kode Voucher Google Play dengan OVO Point


  1. Sebelumnya saya asumsikan bahwa Anda memiliki OVO Point minimal 22.000, atau bila kurang dari itu, Anda bisa menggunakan sebagian saldo OVO Cash.

  2. Selanjutnya jalankan aplikasi Tokopedia, pilih menu "Lainnya", pilih "Voucher Game", lalu pilih "Kode Voucher Google Play (IDR)".

  3. Geser laman ke bawah lalu pilih nominal voucher, di sini saya memilih Rp20.000,- dengan harga Rp22.000,-. Setelah klik tombol "Beli", masukkan kode keamanan yang dikirimkan melalui SMS dan ketuk "OK".

    Minimal pembelian voucher Google Play


  4. Jangan lupa untuk menggunakan kode promo atau kupon agar memperoleh cashback dari Tokopedia (bila ada) lalu ketuk "Lanjut". Pada bagian metode pembayaran silakan pilih OVO.

    Ovo Cash dan Ovo Point


  5. Di laman selanjutnya aktifkan opsi Gunakan OVO Point (atau biarkan nonaktif bila Anda ingin menggunakan OVO Cash) lalu ketuk "Bayar". Karena OVO Point saya tinggal 21.165, maka kekurangannya (835) akan diambil dari OVO Cash. Masukkan PIN OVO Anda bila diminta dan ketuk "Bayar" lagi.

    Masukkan PIN OVO


  6. Tak lama kemudian akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa pembelian kode voucher Google Play dengan OVO Point telah berhasil. Ketuk notifikasi tersebut untuk melihat kode Anda. Sayangnya, kode tersebut tidak bisa langsung disalin dari aplikasi Tokopedia. Solusinya? Lanjut bacanya sob.

    Berhasil beli voucher Google Play Pakai OVO Point


Cara Menggunakan Voucher Google Play di Play Store


  1. Sebagai solusi ketiadaan fitur salin kode voucher Google Play di aplikasi Tokopedia, silakan cek dan buka email dari Tokopedia dengan aplikasi Gmail, lalu salin kode tersebut seperti biasa. Selanjutnya buka aplikasi Google Play Store → buka Menu (ikon tiga garis di kiri layar) → pilih "Tukarkan" (Redeem).

    Cara menukarkan kode voucher Google Play


  2. Tempel (paste) kode voucher Google Play tadi pada kotak yang tersedia dan ketuk "Tukarkan". Kemudian akan muncul peringatan untuk memeriksa apakah akun Google yang akan diisi saldonya sudah benar, kalau sudah ketuk "Konfirmasi".

    Pilih akun Google sebelum redeem kode voucher


  3. Selamat! kode voucher Google Play Anda telah berhasil ditukar dengan saldo Google Play. Anda bisa menggunakan saldo tersebut untuk membeli aplikasi, game, maupun konten-konten Play Store lainnya. Oiya, sisa saldo Google Play bisa dicek melalui Menu (ikon tiga garis di kiri layar) → pilih "Metode pembayaran".

    Cek saldo Google Play

Mudah sekali kan sob? Daripada terlupa dan akhirnya habis masa berlakunya (OVO Point bisa hangus dalam 18 bulan setelah diterbitkan), kita bisa menggunakan OVO Point untuk membeli bermacam kebutuhan digital seperti kode voucher Google Play yang telah dibahas di atas. Kalau buat yang lain? Ya suka-suka sob, mau beli pulsa oke, mau beli tiket nonton juga tak masalah asal jumlahnya mencukupi. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×