03 Mei 2016

6 Cara Membaca Pesan WhatsApp tanpa Diketahui Pengirimnya

Apa itu WhatsApp? Tak perlu dijelaskan lagi sob, karena hampir semua orang (pengguna smartphone) pasti pernah/sedang menggunakan aplikasi perpesanan instan milik Facebook tersebut. Iya, WhatsApp adalah aplikasi chat paling populer saat ini, yang secara perlahan menggeser fungsi SMS dan juga telepon.

membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan pengirimnya

Menjelang akhir tahun 2014 yang lalu, WhatsApp merilis sebuah fitur yang memungkinkan pengirim mengetahui pesannya sudah dibaca atau belum oleh penerima. Sebagian pengguna WhatsApp menyambut baik kehadiran fitur tersebut karena dianggap bisa memberikan info atas status keterbacaan pesan mereka. Kendati demikian, tidak sedikit pengguna WhatsApp yang ternyata kurang bisa menerima kehadirannya. Kenapa bisa begitu?

Kurang lebih begini sob; ketika penerima membuka/membaca pesan, otomatis pengirim akan melihat dua tanda centang biru di samping pesan yang dikirimnya (yang menandakan bahwa pesannya sudah terkirim dan dibaca). Mau tak mau, penerima harus segera membalas pesan tersebut karena pengirim sudah mengetahui bahwa pesannya sudah dibaca (rasanya seperti dipaksa untuk segera balas). Padahal, bisa saja penerima sedang dalam keadaan yang belum memungkinkan untuk mengetik dan mengirim pesan balasan.

Alasan lainnya, ketika menggunakan WhatsApp, orang akan tahu kapan Anda (terakhir) online, kapan pesannya masuk ke ponsel Anda, dan tentu saja tahu kapan tepatnya Anda membaca pesan tersebut. Bagi sebagian orang, ketiga 'pengetahuan' tersebut sudah masuk ke wilayah privasi yang seharusnya tidak diketahui orang lain.

Nah, untuk mengatasi masalah itu, kita sebagai penerima (yang tak selalu bisa segera membalas) ternyata tetap bisa membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan pengirimnya. Bagaimana caranya? Mudah sob, ikuti saja salah satu/semua tips berikut ini.

Cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan pengirimnya.


1. Baca pesan dari bilah notifikasi


Ini yang paling gampang sob, begitu ada pesan WhatsApp masuk, tarik bilah notifikasi ke bawah dan baca pesannya, ingat cukup dibaca saja, tidak perlu diklik atau diketuk. Selama aplikasi WhatsApp tidak dibuka melalui notifikasi, pengirim pesan tidak akan memperoleh dua centang biru.


2. Aktifkan Airplane Mode


Bila pesannya terlampau panjang dan tidak terbaca seluruhnya melalui bilah notifikasi, aktifkan airplane mode di perangkat Android Anda sebelum membuka dan membaca pesan tersebut. Ketika offline alias tidak ada koneksi internet, WhatsApp tidak akan mengirimkan dua centang biru pada si pengirim pesan.


3. Pasang widget WhatsApp


Jika secara tidak sengaja Anda menghapus semua notifikasi (clear all), namun masih ingin baca pesan WhatsApp tanpa diketahui pengirimnya, pasang saja widget WhatsApp di homescreen Anda. Nah, melalui widget tersebut Anda bisa membaca pesan-pesan baru WhatsApp tanpa perlu khawatir ketahuan.


4. Nyalakan popup notification


Tak ingin pasang widget? Nyalakan saja fitur popup notification WhatsApp sob. Tuju 'Settings > Notifications > Popup notification' lalu pilih salah satu pengaturan sesuai selera. Begitu ada pesan masuk, akan muncul popup yang memudahkan Anda membaca pesan. Selesai membaca, tekan tombol home untuk menutup popup. Penting diingat, jangan tekan tombol close atau view agar tidak memicu munculnya dua centang biru (kecuali dalam airplane mode).


5. Matikan Read Receipts


Cara yang paling aman membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan adalah dengan mematikan read receipts (tuju 'Settings > Account > Privacy > Read receipts'). Iya, dengan nonaktifnya fitur tersebut, WhatsApp tidak akan pernah mengirimkan dua centang biru pada pengirim pesan meskipun Anda sudah membuka dan membaca pesannya.

Efek sampingnya, Anda juga tidak akan pernah menerima dua centang biru pada pesan yang dikirim selama read receipt dimatikan.


6. Pakai aplikasi


Satu cara lagi sob, pakai aplikasi Shh 😏 No Last Seen or Read. Seperti deskripsinya di Play Store, aplikasi tersebut berguna untuk membuka dan membaca pesan WhatsApp tanpa buka aplikasi WhatsApp.

Iya, selain tidak menyebabkan munculnya dua centang (baik abu-abu dan biru), aplikasi Shh juga tidak akan mengubah last seen Anda. Asyiknya, selain pesan teks, Anda juga bisa melihat pesan gambar dan video WhatsApp tanpa perlu diketahui pengirimnya. Mantab 'kali kan? :D


__________

Cara mana yang menurut Anda paling nyaman dan ampuh untuk membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui pengirimnya? Silakan dipilih-pilih sob :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×