27 Juni 2014

Cara Install Xposed Framework pada Semua Perangkat Android [ROOT]

Biasanya untuk mendapatkan fitur-fitur khas ROM Android tertentu (fitur multi windows dari OmniROM misalnya), pengguna harus ganti ROM, atau setidaknya bila tak ingin ganti ROM, pengguna harus memodifikasi systemui, framework, atau install aplikasi khusus langsung ke system (yang tak semua orang bisa/berani melakukannya).

Xposed Framework Android

Masalahnya, ganti ROM Android itu tak semudah membalik telapak tangan. Harus root, install custom recovery, lalu backup stock ROM, selanjutnya donwload custom ROM, flash ROM, belum lagi kalau terjadi bootloop :D. Begitu pula memodifikasi systemui dll, dibutuhkan keahlian khusus, atau kesabaran dalam mengikuti tutorial yang seringkali tidak gampang untuk diikuti.

Nah, berangkat dari masalah itulah, Xposed Framework hadir. Seperti biasa, apa itu Xposed Framework? Sederhananya, Xposed Framework adalah sebuah framework yang memudahkan pengguna memodifikasi perangkat Androidnya, untuk mendapatkan fitur-fitur khusus yang biasanya hanya terdapat pada custom ROM, tanpa harus ganti ROM.

Iya, setelah menginstall Xposed Framework, Anda bisa memasang bermacam fitur modifikasi keren (yang disebut Xposed Module), termasuk modifikasi tampilan, yang biasanya hanya ada pada custom ROM, di stock ROM Anda, layaknya memasang aplikasi Android biasa.

Xposed Framework dapat diinstall pada Android 4.0 ke atas. Selain itu, terdapat pula versi backportnya yang dapat diinstall pada Android 2.3 (versi eksperimental, mungkin kurang stabil).

Bagaimana cara install Xposed Framework pada perangkat Android? Caranya cukup mudah, syaratnya, perangkat Android Anda harus sudah memiliki akses root dan custom recovery (untuk jaga-jaga bila terjadi bootloop atau softbrick).

Langkah 1 Bila syarat tersebut sudah terpenuhi, (untuk Android 4.0+) silakan download Xposed Installer APK melalui dl.xposed.info/latest.apk, lalu install seperti biasa. Untuk Android 2.3+  unduh di sini.

Langkah 2 Selanjutnya, jalankan Xposed Installer, tuju bagian Framework (akan ada peringatan, tap OK untuk lanjut) lalu tap Install/Update (klik untuk zoom screenshot).

Xposed InstallerInstall/Update Xposed


Langkah 3 Tap OK untuk reboot. Setelah reboot, tuju bagian Download untuk mengunduh dan menginstall berbagai macam module keren dari Xposed.

reboot XposedDownload Xposed Module


Langkah 4 Berikut ini adalah beberapa contoh Xposed Module keren yang bisa Anda unduh dan install di perangkat Android Anda. Sebagai catatan, tidak semua module kompatibel dengan perangkat Android Anda, jadi sebelum mengunduh, baca terlebih dahulu keterangan mengenai module tersebut.

Xposed Module


Bila ada yang kurang jelas, silakan tulis pertanyaan Anda di kotak komentar, atau silakan langsung ke forum resmi Xposed Framework di XDA. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×