20 April 2014

Mengakses Komputer dari Jarak Jauh dengan Chrome Remote Desktop

Beberapa hari yang lalu, Google merilis aplikasi Chrome Remote Desktop di Google Play Store. Iya, selain berupa aplikasi (ekstensi) untuk browser Google Chrome, Chrome Remote Desktop sekarang juga tersedia untuk perangkat Android.

Sesuai namanya, Chrome Remote Desktop merupakan aplikasi yang berguna untuk mengakses komputer (PC, laptop) dari jarak jauh, dalam hal ini melalui perangkat Android (ponsel atau tablet).

Bisa dikatakan, dengan menggunakan Chrome Remote Desktop, Anda bisa mengakses berbagai fitur PC atau laptop (baik Windows, Linux, maupun Mac) langsung dari perangkat Android dari mana saja, kapan saja, asal keduanya (komputer dan Android) terhubung dengan jaringan 3G maupun WiFi.

Mengakses Komputer dari Jarak Jauh dengan Chrome Remote Desktop

Mengakses komputer (PC, laptop) dari jarak jauh? Terdengar keren kan? Mari kita mulai :)

  1. Pastikan komputer dan perangkat Android Anda telah terhubung dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, kemudian siapkan alat dan bahan berikut.

    Di perangkat Android (4.0+)



    Di komputer (Windows XP+, Linux, Mac)


  2. Ok, setelah semua diunduh dan dipasang, jalankan Chrome Remote Desktop di komputer Anda (bisa melalui Chrome Apps Launcher), kemudian klik Continue.

    Continue


  3. Ikuti petunjuk yang tersedia (izinkan Chrome Remote Desktop mengakses akun Google Anda). Selanjutnya, kita akan mencoba mengakses komputer dari jarak jauh, silakan klik Get Started pada bagian My Computers (bukan Remote Assistance), lalu klik Enable remote connections.

    Get Started


  4. Silakan isi PIN yang Anda inginkan dan klik OK

    PIN


  5. Tunggu beberapa saat, masukkan lagi PIN yang telah Anda buat tadi dan klik OK.

    PIN confirm


  6. Klik OK sekali lagi, dan nama komputer Anda akan muncul di bagian My Computers.

    My Computers


  7. Sip, sampai di sini pengaturan Chrome Remote Desktop di komputer sudah beres, sekarang saatnya beralih ke aplikasi Chrome Remote Desktop di perangkat Android. Jalankan aplikasi Chrome Remote Desktop (di app drawer namanya Remote Desktop). Anda akan melihat nama komputer Anda di aplikasi tersebut, bila tidak ada, tap ikon refresh di kanan atas layar.

    Chrome Remote Desktop Android


  8. Tap nama komputer Anda tersebut (Windows 8.1 pada contoh ini), lalu masukkan kembali PIN Anda dan klik Connect.

    Input PIN


  9. Tunggu beberapa saat dan layar komputer Anda akan muncul di layar perangkat Android Anda.

    Tampilan Windows 8 di Android


  10. Gunakan layar sentuh Android Anda untuk menggerakkan kursor, tap untuk klik kiri, tap ikon keyboard (kanan atas) untuk mengetik (bisa juga dengan menyapu layar ke atas dengan tiga jari), tap ikon X untuk menyembunyikan Chrome Remote Desktop toolbar.

    Keyboard chrome remote desktop


  11. Untuk klik kanan, tap objek yang akan diklik, lalu tap di mana saja menggunakan jari yang lainnya. Anda juga bisa memindahkan objek (folder, shortcut, ikon, dll) dengan tap lalu tahan objek, lalu geser ke tempat yang Anda inginkan.

    Klik kanan remote desktop


  12. Klik tengah (scroll whell) dapat dilakukan dengan tap menggunakan tiga jari Anda. Untuk menggulung layar (scroll) sapu layar dengan dua jari Anda. Bagaimana dengan zoom? seperti biasa, gunakan dua jari Anda dan sapu layar dengan arah yang berlawanan.


OK, selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×