22 Maret 2014

Fitur Multi Window untuk Semua Android Tanpa Root (2.3+)

Pada dasarnya, sistem operasi Android tidak didesain untuk multi window. Meski begitu, beberapa vendor besar (Samsung misalnya) telah menerapkan konsep multi window pada perangkat Android buatan mereka, sehingga Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu layar. UPDATE 11/11/2016: Mulai versi 7.0 Nougat, fitur multi window sudah menjadi fitur standar Android.

Multi Windows untuk Semua Perangkat Android dengan Multitasking

Apa itu multi window? Bila Anda pengguna sistem operasi Windows dari Microsoft, bisa dipastikan pernah membuka beberapa jendela atau windows secara bersamaan (Explorer, Office Word, dan Winamp misalnya). Window-window tersebut bisa Anda ubah ukurannya, pindah posisinya, minimize dst.

Nah, dengan menggunakan fitur multi window, Anda dapat dengan mudah berpindah dari satu window ke window yang lain, melakukan berbagai aktivitas secara (hampir) bersamaan atau yang lebih dikenal dengan istilah multi tasking (browsing internet sambil nonton video misalnya).

Belum lama ini, sebuah aplikasi Android yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan fitur multi window, dirilis di Play Store (sebenarnya banyak aplikasi semacam ini, tapi sebaiknya Anda mencoba aplikasi ini sebelum mencoba yang lainnya). Aplikasi tersebut bernama Multitasking.

Aplikasi Multitasking untuk Android ini menawarkan beragam aplikasi yang sering Anda di gunakan sehari-hari (browser, kalkulator, notes, kalender, kamera, kompas, dsb), dalam bentuk window bertampilan Holo yang fleksibel (bisa diubah ukurannya, dipindah posisinya, dst). Multitasking sangat cocok untuk tablet Android (dengan layar yang relatif luas), namun tak menutup kemungkinan untuk digunakan pada ponsel Android.

Aplikasi Multitasking untuk Android

Multitasking tersedia dalam dua pilihan, Free dan Pro (dengan fitur tambahan dan tanpa iklan), serta bisa diinstall pada perangkat dengan Android 2.3 ke atas. Setelah terinstall, Anda bisa memilih aplikasi-aplikasi bawaan Multitasking yang tersedia di sidebar (yang secara default) berada di sisi kiri layar (swipe ke kanan untuk membukanya).


Melalui sidebar tersebut, Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus, mengubah ukurannya (dengan pinch to zoom atau drag sudut kanan bawah window), memindah posisinya (cukup drag bagian atas aplikasinya), membuatnya menjadi full screen, menyembunyikannya, atau menutupnya.

Hanya itu? Seperti biasanya, jawabannya tidak, Anda bisa menggali lebih jauh mengenai aplikasi Multitasking ini dengan mencobanya langsung di perangkat Android Anda. Nah, bagi Anda yang mendambakan fitur multi window di perangkat Android Anda, aplikasi Multitasking ini layak Anda coba.

Download Multitasking untuk Android Free | Pro

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×