09 Maret 2014

Cara Cepat Mencari File di Hard Disk dengan FileSearchy

FileSearchy icon
Secara default, Windows (7 ke atas) telah menyediakan fitur pencarian yang terintegrasi dengan Windows Explorer, yaitu Windows Search. Sebenarnya, mencari file di hard disk dengan menggunakan Windows Search bisa dikatakan relatif cepat (tergantung file apa yang Anda cari).

Meski demikian, Windows Search terkadang berjalan begitu lambatnya, apalagi bila file indexing-nya tidak dihidupkan (dan bila file indexing dihidupkan, performa PC atau laptop Anda bisa menurun, terutama untuk PC atau laptop yang sudah berumur hehe..).

Nah, bila Anda mencari alternatif dari Windows Search, aplikasi FileSearchy layak Anda coba. Pendeknya, FileSearchy bisa membantu Anda mencari file di hard disk lebih cepat dari Windows Search.

FileSearchy memudahkan

FileSearchy adalah sebuah aplikasi pencarian file untuk Windows yang dapat menemukan file di hard disk berdasarkan nama maupun isinya dengan cepat dan efisien.

Hasil pencarian FileSearchy berdasarkan nama file bisa ditampilkan secara instant, muncul sesaat setelah Anda mengetikkan kata kunci pencariannya. Setelah muncul, Anda bisa mengurutkan hasil pencarian tersebut berdasarkan nama, ukuran file, tanggal perubahan, dan tipe file.

Layaknya Windows Explorer, Anda bisa langsung membuka file (klik ganda), mengopi atau menghapusnya. Klik kanan juga berlaku di hasil pencarian FileSearchy, isinya mirip klik kanan Windows Explorer, dengan tambahan menu Open file location dan Copy full name.

Bedanya, seperti halnya browser, FileSearchy pun memiliki fitur tab, jadi Anda bisa melakukan beberapa pencarian sekaligus dalam satu windows.

Untuk pencarian berdasarkan isi file (mencari suatu kata dalam file txt misalnya), FileSearchy membutuhkan waktu yang lebih lama, tergantung jumlah, ukuran dan kandungan dari file tersebut. Selain itu, Anda bisa melakukan pencarian file dengan membatasi atau menentukan direktori pencarian, tanggal, dan, ukuran file, sehingga hasilnya pun lebih spesifik.

FileSearchy content

Sebelum Anda bisa melakukan pencarian, FileSearchy akan melakukan indexing terlebih dahulu (tidak memakan waktu lama, tergantung banyaknya file dan kapasitas hard disk Anda). Setelah index siap, Anda bisa melakukan pencarian file di hard disk Anda dengan cepat tanpa menurunkan performa PC atau laptop Anda secara signifikan.

Download FileSearchy untuk Windows (XP, Vista, 7, 8)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×