16 Oktober 2013

Cara Memasang Tombol Pinterest pada Semua Gambar di Blogger

Ditulis oleh pada 16.10.13

Tahu Pinterest? Saya anggap sudah tahu 😄 Tahu bagaimana memasang tombol Pinterest di postingan Blogger? Sudah, kan sudah banyak yang membahas. Nah, bagaimana cara memasang tombol Pinterest pada semua gambar di postingan Blogger? Ini yang mungkin belum pada tahu (atau saya yang kudet?).

On hover Pin It buttons

Begini, ini adalah cara resmi yang diluncurkan Pinterest pada tanggal 7 Oktober kemarin. Hanya dengan memasang sedikit kode javascript, tanpa menambah HTML apapun, tombol Pin it (kini diganti dengan tombol "Save") akan muncul tiap kali Anda mengarahkan kursor (hovering) pada gambar yang berada di dalam postingan.

Iya, dengan memasang tombol Pin it di blog Anda, pengunjung akan semakin mudah untuk membagikan gambar di Pinterest (cocok untuk blog bertema fotografi dan sejenisnya) Silakan lihat demo dari hasil pemasangan tombol Pin it di blog Meneduhkan kemudian ikuti tutorial berikut ini.

Khusus Buat yang Pernah Pasang Tombol Pinterest

Sudah pernah memasang tombol Pinterest sebelumnya? Silakan cari dulu kode-kode berikut di template Anda dan tambahkan kode yang diperlukan.

Silakan buka template Anda, cari kode berikut (atau yang mirip) <script type="text/javascript" src="//assets.pinterest.com/js/pinit.js"></script>

Selanjutnya tambahkan atribut data-pin-hover sehingga menjadi seperti ini

<script type="text/javascript" data-pin-hover="true" src="//assets.pinterest.com/js/pinit.js"></script>

Buat yang Belum Pernah Pasang Tombol Pinterest

Bila Anda belum pernah memasang tombol Pinterest sebelumnya, tambahkan kode berikut ini dan letakkan sebelum kode </head>, lalu simpan template Anda.

<script async="async" data-pin-hover="true" data-pin-lang="id" data-pin-tall="true" defer="defer" src="//assets.pinterest.com/js/pinit.js"/>

Sebagai catatan, tombol Pin it tidak akan muncul pada gambar background (yang diatur menggunakan CSS background atau background-image), gambar yang berukuran kurang dari 80 x 80 px, dan gambar yang memiliki atribut data-pin-no-hover="true", nopin="nopin", dan gambar dengan atribut src yang dimulai dengan data:

Selamat mencoba 😊

5 komentar:

  1. Terimakasih sudah berbagi. Saya sangat terbantu dengan tutorial yang ini karena hanya dengan satu langkah akhirnya saya bisa menyematkan icon pinterest di setiap foto pada blog saya. Sebelumnya saya pernah mencoba cara cara yang dikemukakan di beberapa blog, namun sangat sulit untuk mengikutinya karena terlalu banyak step step yang harus dijalani.

    Salam,
    www.uni-ewi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat dan akhirnya bisa tambil di foto blog saya >> http://ruthmart.blogspot.com

    BalasHapus
  3. sukses buat blogger indonesia

    http://www.manutdnbest.com

    BalasHapus
  4. Terimakasi tapi saya masih bingung haha

    goflosscandy.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Mantep dah artikelnya :)
    http://apotekherbalkita.com/pengobatan-alami-glaukoma/

    BalasHapus

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×