05 April 2013

Apa itu Facebook Home? Semua Hal yang Layak Anda Ketahui

Dalam sebuah event yang digelar di Menlo Park, California, AS, kemarin malam (WIB), Mark Zuckerberg memperkenalkan Facebook Home. Berbeda dengan dugaan selama ini, ternyata Facebook Home bukanlah berupa ponsel ataupun sistem operasi, melainkan sebuah aplikasi Android (bisa dikatakan launcher) yang dirancang khusus untuk menjadikan perangkat Android Anda menjadi lebih sosial.

Facebook Home


Apa itu Facebook Home?


Tidak seperti launcher Android pada umumnya, Facebook Home berada pada lapisan yang lebih dalam daripada aplikasi lainnya (lihat gambar di bawah), sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman bermedia sosial di Facebook secara maksimal (seperti pernyataan Mark Zuckerberg, "menempatkan orang (sosialita/Facebooker) di atas aplikasi-aplikasi lainnya").

Integrasi Facebook Home

Dengan memasang Facebook Home di perangkat Android, Anda dapat memantau notifikasi, news feed, serta perpesanan Facebook (messenger) dengan antarmuka yang keren dan interaktif (dan bisa dikatakan mendominasi layar perangkat Android Anda).


Cover Feed


Meski bukanlah sebuah sistem operasi, Facebook Home rupanya mampu mengubah beberapa aspek penting dalam sistem operasi Android. Misalnya saja di bagian tampilan, Facebook Home akan mengambil alih lockscreen dan juga beranda Android Anda dengan Cover Feed. Lebih lanjut, Cover Feed merupakan fitur yang menampilkan post terbaru dari teman-teman Anda di Facebook dengan tampilan fullscreen.

Cover Feed

Anda dapat menelusuri hal-hal penting (status, foto, link, dsb) yang dibagikan teman-teman Anda di Facebook dengan menggeser layar ke kanan atau kiri. Untuk menyukai/memberikan like pada status atau foto tersebut, cukup tap ganda pada layar.


Notifikasi


Selain post dari teman-teman Anda, Facebook Home juga menampilkan notifikasi langsung di layar perangkat Android Anda. Bila dirasa menggangu, Anda dapat menyingkirkan notifikasi tersebut dengan menariknya ke sisi kanan/kiri layar.

notifikasi

Bila Anda menggunakan ponsel HTC First (ponsel Facebook pertama keluaran HTC), selain notifikasi dari Facebook, Anda juga akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi lainnya. Bila Anda menggunakan aplikasi Facebook Home dengan ponsel Android lain, Anda hanya akan mendapatkan notifikasi dari Facebook, sedangkan notifikasi dari aplikasi lain akan muncul seperti biasa (di bar notifikasi).


Chat Heads


Selanjutnya, Anda yang gemar chatting akan dimanjakan dengan fitur Chat Heads, sebuah konsep messenger yang selalu aktif meskipun Anda sedang menggunakan aplikasi lain. Jadi meski Anda sedang sibuk menjelajah dunia maya dengan browser, Anda bisa membalas pesan yang datang dari teman Anda dengan tap sekali pada avatarnya (Anda juga bisa memindah posisi avatar yang muncul ke berbagai sisi layar).

Chat Heads

Di samping Facebook Messenger, Chat Heads juga mendukung SMS.

messenger


Peluncur Aplikasi


Walau Facebook Home merupakan launcher khusus Facebook, namun pengembangnya tetap menyediakan peluncur aplikasi seperti yang biasa terdapat pada launcher Android umumnya.

Peluncur Aplikasi

Peluncur aplikasi tersebut dapat diakses dengan menggeser foto profil Anda (di homescreen) ke arah atas. Dari situ Anda bisa membuka aplikasi-aplikasi yang terinstall di ponsel Android Anda, mengupdate status, berbagi foto, dan juga check in di Facebook.


Download Facebook Home


Facebook Home akan tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store pada 12 April 2013 mendatang. Namun, sampai artikel ini ditulis, Facebook Home hanya dapat diinstall pada ponsel Android tertentu, seperti HTC One, the HTC One X, Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy Note II, dan Samsung Galaxy S4.

Download Facebook Home

Selain itu, Anda juga dapat membeli HTC First, ponsel Facebook pertama yang dibesut oleh HTC. Secara default, Facebook Home akan tersedia pada HTC First, cukup hidupkan, log in menggunakan akun Facebook, dan Anda akan siap untuk berinteraksi dengan teman-teman Anda di Facebook.

HTC First

Saat ini, HTC First sudah tersedia (preorder) untuk operator AT&T. Lalu kapan sampai ke Indonesia? Tunggu saja update selanjutnya :)

UPDATE: Facebook Home kini telah dirilis dan dapat diunduh melalui Google Play Store.

Download Facebook Home untuk Android

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×