13 Februari 2013

Chime, Notifikasi Gmail, Facebook, dan Twitter di Satu Tempat

Ditulis oleh pada 13.2.13
Bagi Anda pengguna browser Google Chrome yang aktif di media sosial, ekstensi apa yang Anda gunakan untuk meanmpilkan notifikasi dari berbagai media sosial tersebut? Pasti beragam jawabannya. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dsb. pada umumnya memiliki banyak ekstensi (baik resmi maupun tidak resmi) yang berguna untuk memunculkan notifikasi bila ada aktivitas baru.

Bayangkan betapa ramainya bar ekstensi Google Chorme Anda seiring dengan banyaknya ekstensi media sosial yang Anda pasang. Selain itu, semaikin banyak ekstensi yang terpasang, akan memberatkan kinerja Google Chrome Anda, serta memperlama waktu startupnya. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan saja ekstensi Chime.

logo Chime for chrome

Chime adalah ekstensi Google Chorme yang mampu menampilkan notifikasi dari berbagai media sosial di satu tempat, sehingga bisa menghemat ruang di bar ekstensi Anda, dan juga meringankan kinerja browser kesayangan Anda.

Sampai artikel ini ditulis, Chime bisa memunculkan notifikasi dari Gmail, Facebook, Twitter, Google+, FourSquare, Flickr, Linkedin, Quora, Github, StackOverflow, dan Reddit.

Setelah terpasang di Google Chrome, Chime otomatis akan aktif untuk setiap media sosial (dengan syarat Anda telah login ke media sosial tersebut). Bila Anda tidak menginginkan Chime menampilkan notifikasi dari media sosial tertentu, Anda dapat mematikannya di laman opsi Chime, lalu klik Done.

chime setting

Setelah itu, ketika ada notifikasi baru dari media sosial yang Anda pilih, Chime akan menampilkan kotak notifikasi di sebelah kanan bawah layar PC atau laptop Anda. Kotak notifikasi tersebut memiliki warna sisi yang berbeda untuk tiap media sosial (misalnya biru untuk Facebook, merah untuk Gmail, dsb.) sehingga memudahkan Anda dalam mengidentifikasi dari media sosial mana notfikasi tersebut muncul.

chime facebook

chime gmail

Saat kotak notifikasi muncul, Anda dapat mengunjungi link notifikasi, menandainya sebagai sudah dibaca (klik tanda centang di sisi kanan kotak), atau menutupnya. Untuk melihat keseluruhan notifikasi secara kronologis, klik ikon Chime di bar ekstensi lalu klik tombol All Notification (di samping tombol Setting).

notifikasi chime

Apabila Anda tidak ingin terganggu dengan berbagai notifikasi media sosial saat Anda bekerja, klik saja tombol  Do Not Disturb Mode (di samping tombol Clear All) untuk mematikan seluruh notifikasi.

Chime merupakan solusi yang memudahkan Anda dalam mengelola notifikasi dari berbagai media sosial, sehingga Anda tidak perlu lagi memasang bermacam-macam ekstensi untuk setiap media sosial. Untuk memasang Chime, kunjungi Chrome Web Store melalui link berikut ini.

Install Chime dari Chrome Web Store

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×