06 Januari 2013

5 Aplikasi Alternatif Instagram untuk Android

Beberapa waktu yang lalu, Instagram memutuskan untuk mengubah kebijakan privasi dan syarat layanan mereka yang berhubungan dengan hak kekayaan intelektual. Instagram mengklaim memiliki hak untuk menjual foto pengguna (untuk tujuan periklanan) tanpa adanya pemberitahuan dan kompensasi sedikitpun.

Instagram Android

Perubahan tersebut ternyata membuat banyak pengguna Instagram meradang, dan meminta pihak Instagram untuk memperbaiki kebijakan privasi dan syarat layanan tersebut atau mereka akan menutup akunnya.

Menanggapi hal tersebut, salah satu pendiri Instagram, Kevin Systrom membantah bahwa Instagram bermaksud menjual foto pengguna tanpa izin. Menurutnya, terdapat kekeliruan kalimat yang dibuat Instagram saat mengumumkan perubahan kebijakan tersebut.

"Itu merupakan kesalahan kami mencantumkan bahasa yang membingungkan. Kami sedang bekerja untuk melakukan perbaikan kata-kata terkait hal yang dimaksud, sehingga ini menjadi jelas." "Biar saya perjelas, kami tak berniat untuk menjual foto Anda," tegas Systrom.

Sebagai tindak lanjutnya, Kevin Systrom melalui sebuah post di blog Instagram, mengemukakan bahwa mereka mendengarkan keinginan konsumen dan akan memperbaiki syarat dan ketentuan ini supaya tidak timbul misinterpretasi.

Sejak saat itu, konflik antara Instagram dan para penggunanya mulai mereda, namun tidak semua pengguna percaya lagi dengan Instagram. Tidak sedikit pengguna yang menutup akunnya dan beralih menggunakan layanan berbagi foto yang lain.

Bila Anda juga berniat untuk berpaling dari Instagram, atau sekedar ingin mencoba aplikasi lain yang sejenis dengan Instagram, berikut kami sajikan 5 aplikasi alternatif Instagram untuk ponsel Android.

1. Streamzoo

Sebelum Instagram mendarat di Android, Streamzoo sudah dikenal baik sebagai aplikasi berbagi foto (dan juga video). Seperti halnya Instagram, Streamzoo juga memiliki bermacam filter dan border foto yang keren. Menariknya, tidak seperti Instagram, Streamzoo mengizinkan penggunanya untuk mengunggah foto melalui web (setelah mendaftar dan mengunggah beberapa foto melalui ponsel).

Streamzoo Android


Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Streamzoo, silakan langsung ke laman Google Play Store melalui link berikut.

Download Streamzoo untuk Android



2. EyeEm

Mungkin Anda belum pernah mendengar nama EyeEm sebelumnya, tak mengapa, memang aplikasi ini belum sepopuler Instagram. Sekilas, EyeEm terlihat sangat menarik dari segi tampilan yang didominasi oleh warna hitam. Urusan fitur, EyeEm juga menawarkan beragam fitur yang tak kalah keren dengan Instagram, seperti filter dan border, perbedaannya, EyeEm dapat memilah foto yang Anda unggah berdasarkan topik, tempat, dan event.

EyeEm

Bila ada pengguna lain yang menggunggah foto dengan topik (tempat dan event) yang sama dengan topik yang Anda ikuti, EyeEm akan memberitahukannya kepada Anda, sehingga Anda dapat mengetahui orang-orang di sekitar Anda (atau orang yang sepaham dengan Anda) yang juga menggunakan EyeEm, menarik bukan?



Download EyeEm untuk Android



3. Path

Bila Anda menginginkan aplikasi berbagi foto yang lebih privat, Path adalah jawabannya. Path memfokuskan diri pada layanan jejaring sosial dengan lingkup yang lebih kecil, karena hanya menginzinkan Anda untuk berhubungan dengan 150 orang saja. Di Path Anda juga akan menemukan beragam filter dan fitur edit foto yang menarik, bila dirasa kurang, Anda juga dapat membeli filter premium yang ditawarkan Path.

Path


Download Path untuk Android



4. Flickr

Tentunya Anda sudah mengenal baik layanan berbagi foto besutan Yahoo! ini. Flickr rupanya juga mengikuti arus tren aplikasi berbagi foto lainnya dengan menghadirkan fitur filter foto. Yahoo! mengklaim bahwa foto yang diuanggah melalui Flickr tetap memiliki resolusi yang tinggi, sehingga tidak terlihat pecah bila dilihat melalui layar berukuran besar (layar PC) sekalipun.

Flickr


Download Flickr untuk Android



5. Twitter

Seperti yang kita ketahui (bila Anda belum tahu, baca terusannya), Instagram pernah "berseteru" dengan Twitter. Pernah dikabarkan bahwa Instagram menghentikan integrasinya di Twitter, sehingga foto yang diunggah pengguna Instagram tidak lagi muncul di linimasa Twitter. Tidak terpaut lama, Twitter meluncurkan fitur filter foto yang mirip dengan filter foto Instagram.

Twitter

Dari fakta-fakta tersebut, tercium aroma persaingan yang sangat menyengat, mengingat Instagram sudah menjadi milik Facebook, yang merupakan pesaing berat Twitter dalam bisnis jejaring sosial. Selengkapnya mengenai Twitter beserta filter fotonya, dapat Anda baca pada artikel Aplikasi Twitter Diupdate dengan Fitur Filter dan Efek Foto.


Download Twitter untuk Android

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×