28 November 2012

Menghilangkan Iklan di Perangkat Android Tanpa Root dengan Adblock Plus

Bosan dengan iklan yang terus-terusan muncul di status bar, notifikasi, maupun aplikasi-aplikasi Android? Hilangkan saja dengan aplikasi Adblock Plus. Berbeda dengan aplikasi penghalau iklan lainnya, Adblock Plus dapat diinstall dan bekerja dengan baik pada ponsel maupun tablet Android meskipun belum diroot.

Adblock Plus Android

Aplikasi Adblock Plus dapat membantu menghilangkan iklan yang menggangu dan membosankan di tablet atau ponsel Android Anda, baik iklan yang berupa banner, iklan yang muncul di area notifikasi, iklan dari aplikasi gratisan, sampai iklan di browser saat kita menjelajah internet.

tampilan Adblock Plus Android

Selain gratis, Adblock Plus juga bersifat open source. Meskipun demikian, Adblock Plus memiliki keterbatasan fungsi, terutama untuk perangkat Android yang belum diroot, berikut ini rinciannya.
  • Untuk semua versi Android yang sudah diroot: Adblock Plus dapat memblok iklan dari Wi-Fi dan 3G
  • Untuk Android versi 3.1 yang belum diroot: Adblock Plus hanya dapat memblok iklan dari Wi-Fi saja.
  • Untuk Android versi 3.0 ke bawah yang belum diroot: diperlukan konfigurasi proxy agar Adblock Plus dapat bekerja sempurna, tutorialnya dapat dibaca di situs resmi Adblock Plus atau ikuti tutorial berikut.

Tuju Wi-Fi Settings -> Advanced Settings

Wi-Fi Settings

Atur Proxy host menjadi localhost dan isi port dengan port number yang ditampilkan oleh AdBlock Plus.

localhost

port number

Download Adblock Plus untuk Android

UPDATE (16/03/2013): Aplikasi Adblock Plus (dan juga seluruh aplikasi penghalau iklan lainnya) telah dihapus dari Play Store. Silakan unduh Adblock Plus dari situs resminya.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×