04 April 2015

Download Google Play Store APK 5.4.10 - 5.4.12 Transparan [April 2015]

Pasar aplikasi Android alias Google Play Store kini kembali mendapatkan update terbaru. Saat membuka laman utama, tidak ada perubahan yang menonjol pada Play Store versi 5.4.10 ini. Meski demikian, begitu memasuki salah satu laman aplikasi, nampak ada sesuatu yang hilang dari Google Play Store.

Play Store Terbaru Transparan

Bilah notifikasinya hilang sob. Beneran hilang? Sebenarnya tidak hilang, hanya berubah menjadi transparan saja. Iya, bilah notifikasi (notification bar) Play Store yang dulu berwarna hijau kini berubah bening alias mengikuti corak laman aplikasi yang sedang dibuka. Lebih jelasnya cek screenshot laman aplikasi 9GAG di Play Store berikut ini.

Play Store 9GAGNotification bar transparan

Kiri: versi lama | Kanan: versi baru

Seperti yang terlihat di screenshot, bilah notifikasi pada laman aplikasi Play Store versi terbaru ternyata mengikuti gambar header-nya, dengan kata lain, kini gambar header aplikasi di Play Store benar-benar mentok ke atas layar, menggeser ruang yang dulunya ditempati bilah notifikasi. Walau begitu, saat kita menggulung laman ke bawah, bilah notifikasi tersebut akan kembali ke warna semula (alias tidak transparan lagi).

Tak hanya di laman aplikasi Play Store, di laman-laman lain yang memiliki gambar header, bilah notifikasinya juga selalu melebur menjadi satu dengan gambar header, seperti yang terlihat pada laman pengenalan Newsstand ini.

Google NewsstandNewsstand transparant

Kiri: versi lama | Kanan: versi baru

Selain perubahan penampilan bilah notifikasi, Google rupanya 'menghapus' widget yang berkaitan dengan Play Store di versi terbaru ini. Saat saya coba menambahkan salah satu widget Play Store di homescreen, hanya pesan Problem loading widget yang muncul di layar. Untuk mengatasi masalah tersebut, silakan reboot perangkat Android Anda lalu coba tambahkan lagi widget yang bermasalah tadi.

Aplikasi Google Play Store versi terbaru (5.4.10) tersebut bisa dipasang pada Android 2.3 Gingerbread atau yang lebih baru, namun untuk mendapatkan bilah notifikasi transparan tadi, Anda setidaknya harus menggunakan Android 5.x Lollipop (atau yang lebih baru).

Ok, seperti biasa sob, update terbaru dari Google Play Store akan mampir ke perangkat Android kalian secara otomatis dalam minggu-minggu ini. Bila ingin mencoba sekarang, silakan unduh dan pasang aplikasi Play Store terbaru via tautan berikut.

Download Google Play Store APK 5.4.10 | Alt link


UPDATE 09/04/2015: Masih di bulan April, Google kembali merilis update untuk aplikasi Play Store (5.4.11). Dilihat dari nomor versinya, kemungkinan update Play Store kali merupakan penyesuaian kecil dari versi sebelumnya (bisa berupa perbaikan bug dsb.). Download APK-nya melalui link di bawah ini.

Download Google Play Store APK 5.4.11 | Alt link


UPDATE 15/04/2015: Update terbaru Play Store datang lagi sob (5.4.12). Sepertinya masih sama dengan update sebelumnya, perbaikan bug serta update minor lainnya (saking minornya, sampai ga kelihatan apa saja ubahannya :D). Buat yang pengen update, silakan langsung unduh APK-nya via tautan di bawah ini.

Download Google Play Store APK 5.4.12 | Alt link


UPDATE 07/05/2015: Ganti bulan, Google Play Store lagi-lagi mendapatkan update terbaru sob. Pembaruan kali ini tampak pada animasi baru dan penambahan Popular Opinions pada bagian review aplikasi. Selengkapnya bisa dibaca pada artikel Update Google Play Store APK 5.5.8 [Mei 2015].

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×