19 April 2015

Cara Backup Pesan WhatsApp Secara Otomatis dengan Google Drive

Seberapa penting arti sebuah pesan WhatsApp bagi Anda? Jawabannya tentu bisa bermacam-macam. Bisa penting sekali, lumayan penting, atau tidak penting sama sekali. Bagi para pebisnis online atau internet marketer, sebuah pesan WhatsApp yang berisi testimoni positif dari pelanggan tentu memiliki arti yang sangat penting. Demikian juga untuk Anda yang sedang menjalani LDR (Long Distance Relationship), pesan dari si dia tentu sangat berarti dan sayang sekali bila terhapus.

Backup riwayat pesan WhatsApp Android di Google Drive

Nah, apa jadinya bila pesan-pesan WhatsApp yang memiliki arti penting itu tiba-tiba hilang, menguap begitu saja karena Anda lupa melakukan backup, atau bila seketika saja kartu SD Anda bermasalah sehingga pesan-pesan WhatsApp yang telah Anda backup tak lagi bisa dibaca? Wassalam kalau sudah begitu mah :D

Apalagi untuk Anda yang hobi mengoprek Android, sering gonta-ganti ROM, resiko kehilangan riwayat pesan WhatsApp bisa jadi lebih besar dari sekedar lupa backup atau kartu SD rusak. Nah, untuk menghindari resiko kehilangan pesan WhatsApp, Ada baiknya kita membuat cadangan atau backup pesan-pesan WhatsApp di layananan penyimpanan awan (cloud storage) secara otomatis, jadi meskipun kartu SD mengalami kerusakan, kita masih bisa memulihkan pesan-pesan WhatsApp dari cadangan yang sudah tersimpan aman di cloud storage.

Akhir-akhir ini WhatsApp memang sedang rajin-rajinnya merilis fitur baru, setelah kita bisa WhatsApp-an di Web via WhatsApp Web, melakukan panggilan suara dengan fitur WhatsApp Call, dan menikmati mulusnya desain material WhatsApp terbaru, kini WhatsApp menambah satu fitur baru lagi, yaitu fitur backup dan restore pesan via Google Drive.

Bila selama ini backup pesan WhatsApp hanya bisa dilakukan di kartu SD dan via email, pada WhatsApp versi terbaru (2.12.45) kita bisa mem-backup pesan-pesan WhatsApp langsung ke Google Drive. Bagaimana caranya?

Cara backup pesan WhatsApp secara otomatis dengan Google Drive bukanlah hal yang sulit sob, silakan unduh, install, dan jalankan WhatsApp 2.12.45 di perangkat Android Anda.

Selanjutnya, buka Menu > Settings > Chat Settings > Chat Backup.

Chat Backup


Di sana Anda bisa menemukan Google Drive setting, di bawahnya, ubah Backup frequency dari Off menjadi Daily (Weekly, atau Monthly, sesuai selera).

Backup frequency


Sesaat kemudian akan muncul pop up, pilih akun Google Anda lalu pilih OK. Pilih OK sekali lagi untuk mengizinkan WhatsApp mengakses data Google Drive Anda.

Izinkan akses WhatsApp ke Google Drive


Pada bagian Back up Chat Anda bisa memilih untuk melakukan backup melalui WiFi atau data seluler Anda.

Back up Chat


Nah, beres, sekarang pesan-pesan WhatsApp Anda akan ter-backup secara otomatis di Google Drive setiap hari, minggu, atau bulan (sesuai pilihan Anda). Pada umumnya WhatsApp akan melakukan backup pesan secara otomatis pada pukul 4 pagi, bila Anda tak sabar dan ingin mem-backup pesan-pesan Whatsapp sekarang juga, silakan langsung pilih Back Up now, dan proses backup (baik backup di kartu SD maupun di Google Drive) pun akan berjalan saat itu juga.

Back Up now


Bila Anda memiliki banyak pesan WhatsApp, terutama yang berupa foto, gambar, suara, atau video, proses backup kemungkinan akan berlangsung cukup lama (tergantung ukuran total backup dan juga kecepatan jaringan internet Anda), jadi yang sabar ya sob. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×