20 November 2014

Cara Install Launcher Android Lollipop di Semua Perangkat Android (4.1+)

Android 5.0 Lollipop sudah dirilis dan mulai berkeliaran di berbagai perangkat Android yang kompatibel (Nexus misalnya). Beberapa vendor ternama pun kini mulai merilis update Android Lollipop pada produk-produknya (Motorola misalnya), meski ada juga yang masih sibuk meracik Android versi terbaru tersebut.

Pernak-pernik seputar Android Lollipop juga sudah bermunculan, membawa serta tampilan bergaya material design yang sudah distandarkan oleh Google. Sebut saja wallpaper Android Lollipop, berbagai aplikasi besutan Google (Messenger misalnya), dan beberapa aplikasi Android lain yang beredar di Play Store.

Lebih lanjut mengenai aplikasi, sebagian besar aplikasi Android yang dikembangkan oleh Google saat ini telah mendapatkan update material design, mulai dari aplikasi Gmail sampai launcher Android khas Google, Google Now Launcher.

Launcher Android 5.0 Lollipop

Sayangnya, untuk Google Now Launcher, update material designya hanya bisa tampil pada perangkat Android Lollipop. Bila dipasang pada Android sebelum Lollipop, tampilannya akan sama saja alias belum material. Lalu bagaimana cara install Google Now Launcher dengan tampilan material design tanpa harus update ke Android Lollipop?

Untuk mendapatkan tampilan material design pada Google Now Launcher layaknya launcher Android Lollipop pada Android sebelum Lollipop, sebut saja Jelly Bean, memang sedikit memerlukan usaha dan keberanian. Harus root? Untuk saat ini iya, kemungkinan besar Google akan memberikan update material design pada Home Laucher suatu saat nanti, entah kapan :D

Launcher Android 5.0 Lollipop drawer


Google Now Launcher dengan Material Design (4.1+)


UPDATE 14/01/2015: Versi terbaru dari aplikasi Google Search telah dirilis di Play Store. Selain membawa tampilan baru di Google Now, update terbaru dari aplikasi Google tersebut juga menghadirkan tampilan material design ala Android Lollipop pada Google Now Launcher (khusus Android 4.1 ke atas).

Update Aplikasi Google Search via Play Store

Download Google Now Launcher

Silakan download atau update aplikasi Google Search untuk mendapatkan tampilan Lollipop pada Google Now Launcher Anda.


Nova Launcher dengan Tampilan Android Lollipop (4.0+)


Tak ingin ribet, atau belum root? Kabar gembira untuk Anda, sob. Belum lama ini Nova Launcher versi 3.3 beta dirilis dengan tampilan material design. Tak hanya ikon-ikonnya, animasinya juga berasa material. Bagaimana dengan app drawernya? Sudah material juga, lengkap dengan background putih khas launcher Android Lollipop. Lalu bagaimana cara installnya? Gampang, tinggal unduh Nova Launcher beta melalui link di akhir artikel dan install seperti APK biasa.

Nova Launcher Setting

Untuk mendapatkan tampilan app drawer Android Lollipop pada Nova Launcher, masuk ke Setting > Drawer > Show Pages as Cards. Ingin lebih Lollipop lagi? Ganti Scroll Effect menjadi None, dan ubah Tab Style menjadi Small Tabs. Selamat mencoba :)

UPDATE 02/12/2014: Nova Launcher versi 3.3 versi stable telah dirilis di Google Play Store, lengkap dengan tampilan material serupa Google Now Launcher versi Lollipop.

Download Nova Launcher 3.3+ stable via Play Store



Apex Launcher dengan Tampilan Material Design (4.0+)


Selain Nova Launcher, kini perangkat Android Anda bisa tampil seperti Android Lollipop dengan menggunakan Apex Launcher. Mengikuti jejak Nova Launcher, Android Does selaku pengembang telah merilis update terbaru dari aplikasi Apex Launcher dengan tampilan yang mirip dengan launcher Google Now untuk Android Lollipop.

Apex Launcher LollipopApex Launcher material design

Agar Apex Launcher semakin berasa Lollipop, Anda bisa masuk ke Menu > Apex setting dan mengubah beberapa setting yang berhubungan dengan tampilan material design khas Lollipop, seperti pada Drawer setting > Drawer icon style > Lollipop; atau Drawer setting > Drawer background style > Light card; dsb.

Download Apex Launcher 3.0.1+ via Play Store

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×