01 Agustus 2014

Download Google Play Store 4.9.13 APK dengan Material Design [Agustus 2014]

Ok, KPU telah memutuskan siapa presidennya. Kini, Google baru saja merilis aplikasi Google Play Store versi terbaru dengan Material Design. Apa itu Material Design? Material Design adalah sebuah 'bahasa' desain baru yang khusus dirancang untuk Android, Chrome OS, dan laman web.

Secara singkat, Material Design berfokus pada elemen-elemen desain (termasuk efek transisi dan animasi) yang lebih masuk akal dan alami saat menanggapi sentuhan penggunannya. Selain itu, Material Design juga tampil dengan warna-warna cerah dan tata letak yang simpel, bisa dikatakan mirip dengan aliran Flat Design yang sedang populer akhir-akhir ini.

Google Play Store 4.9.13 Landscape

Kembali pada Google Play Store, yang kini telah mengadopsi Material Design. Apa saja yang baru? Tentu saja tampilannya. Secara kasat mata, Anda bisa melihat dengan jelas perbedaan tampilan Google Play Store versi 4.9.13 ini dengan versi-versi sebelumnya. Meski begitu, ada beberapa bagian yang belum tersentuh Material Design, yaitu laman depannya (mungkin disimpan untuk versi selanjutnya). Simak screenshot di bawah ini (klik untuk zoom).

Google Play Store 4.9.13 Landscape PortraitLaman deskripsi Play Store

Iya, tampilannya benar-benar baru, efek transisi dan animasinya juga begitu. Tampak pula ikon-ikon baru yang menghiasai tata letak Google Play Store 4.9.13, seperti ikon rating, genre, dan ikon Similiar (untuk memunculkan laman aplikasi terkait).

Untuk membaca deskripsi suatu aplikasi, sekarang Anda harus menekan link Read More yang terletak di atas thumbnail. Bila Anda menggulung layar ke atas saat berada di laman deskripsi, Anda akan dibawa kembali ke laman sebelumnya dengan animasi yang menarik (khas Material Design).

Video Preview

Dulu, thumbnail utama (gambar hero, heading) yang muncul pada laman aplikasi sempat dihilangkan. Di versi terbaru Google Play Store ini, ternyata thumbnail tersebut dimunculkan kembali. Selain berfungsi sebagai penampil thumbnail utama, Anda juga bisa memutar video preview dari suatu aplikasi dengan menekan tombol play yang tersedia (bila ada).

Rating dan review Play StorePlay Store 4.9.13

Diagram batang penunjuk rating yang awalnya hanya sewarna (abu-abu), kini berubah cerah beraneka warna (mengikuti versi web dari Google Play Store). Di bagian bawah review, tampak tombol Wishlist, Share, dan Plus One (dengan tampilan baru). Masih ada lagi? Silakan cek sendiri :D

Seperti biasa, Anda bisa menunggu update otomatis aplikasi Play Store untuk perangkat Android Anda (bisa dicek melalui Setting > tap pada Build version).

Bila Anda tak ingin menunggu lebih lama lagi, silakan download Google Play Store 4.9.13 APK melalui link yang tersedia di bawah ini.

Download Google Play Store 4.9.13 APK (Android 2.2+)


UPDATE 10/10/2014: Google kembali merilis update terbaru dari Google Play Store di bulan Oktober 2014 ini. Update kali ini masih seputar material design dan juga perbaikan layout. Selengkapnya, simak artikel Download Google Play Store 5.0.31 dengan Tampilan Material Baru [Oktober 2014].

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×