02 Desember 2013

Cara Mengubah Gambar WebP ke JPG dan Sebaliknya

Apa itu WebP? Mungkin masih terdengar dan terlihat asing, tapi bila Anda pernah menyimpan gambar dari Google Play Store atau Google Chrome Web Store, dan tidak bisa membukanya di Windows, kemungkinan Anda sudah mengetahui apa itu WebP.

WebP
WebP - 82Kb - Credit: FFCU/Flickr

Ok, WebP adalah format gambar yang dikembangkan oleh Google sebagai alternatif format gambar umum (seperti PNG atau JPG) dengan kualitas yang setara namun dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Dari keterangan tersebut, dengan menggunakan WebP, loading gambar bisa semakin cepat dan juga menghemat ruang penyimpanan.

Logo WebP
WebP (dibaca weppi) saat ini (sependek yang saya tahu) telah digunakan di berbagai situs milik Google seperti Google Play Store dan Google Chrome Web Store. Format gambar besutan Google tersebut sudah diperkenalkan sejak tahun 2010 yang lalu, namun (sepertinya) belum begitu dikenal secara luas.

Jika kita menggunakan browser Firefox dan mencoba menyimpan gambar dari situs yang telah saya sebut tadi, secara otomatis format gambar tersebut akan berubah menjadi PNG (dengan ekstensi .png). Nah, masalahnya, bila kita menggunakan browser Google Chrome, gambar yang kita simpan akan berformat WebP (dengan ekstensi .webp).

Sampai artikel ini ditulis, Windows belum bisa membuka gambar dengan format WebP. Sebagai solusi, Google telah menyediakan codec WebP untuk Windows, sehingga kita bisa membuka gambar berformat WebP langsung melalui Windows Photo Viewer.

Windows Photo Viewer

Download WebP Codec for Windows


Masalah lainnya, media sosial populer seperti Facebook dan Twitter belum mengizinkan penggunanya untuk mengunggah gambar berformat WebP. Mau tak mau, kita harus mengubah format gambar WebP ke JPG atau PNG sebelum mengunggahnya ke media sosial.

Bagaimana cara mengubah format gambar WebP menjadi JPG atau PNG? Anda bisa mengunjungi layanan konversi gambar online Cloudconvert untuk mengubah format WebP ke format yang Anda inginkan.

Cloudconvert


Selain itu, Anda juga bisa mengubah format WebP ke format gambar lainnya ataupun mengubah gambar JPG ke WebP secara offline dengan menggunakan software atau aplikasi XnConvert.

XnConvert


XnConvert merupakan software konversi gambar multiplatform yang dapat diunduh dan digunakan dengan gratis. Tidak hanya Windows, XnConvert dapat pula diinstall di Mac dan Linux. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×