28 Februari 2013

Jejualan.com, Memudahkan Anda Membuat Toko Online

Ditulis oleh pada 28.2.13

Anda pengusaha? Atau calon pengusaha? Siapa pun Anda, yang bergerak di bidang produksi sampai penjualan produk maupun jasa, pasti membutuhkan tempat usaha sebagai tempat berjualan, baik berupa rumah, pasar, atau toko.

Jejualan.com, Memudahkan Anda Membuat Toko Online

Di era teknologi informasi saat ini, tempat usaha tidak selalu diartikan sebagai tempat fisik, ruang, atau bangunan tertentu yang sering dikenal dengan nama toko. Di internet, atau yang sering diistilahkan sebagai dunia maya, Anda dapat membangun sebuah tempat usaha dengan hasil nyata, yang dikenal dengan nama Toko Online.

Mengapa Internet?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai toko online, mungkin muncul pertanyaan di benak Anda; Mengapa internet? Melalui toko yang saya dirikan di seberang jalan itu saja, saya sudah memiliki banyak pelanggan. Pertanyaannya, seberapa banyak pelanggan Anda tersebut, dan dari mana saja? Oke, seberapa luas jangkauan produk atau jasa yang Anda tawarkan? Sudah sampai ke luar daerahkah? Luar pulau? Luar negeri? Bila pertanyaan-pertanyaan tersebut sulit untuk Anda jawab, saatnya Anda lebarkan sayap usaha Anda melalui internet.

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2012

Seperti yang kita ketahui, internet bukan lagi sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia, apalagi dunia. Menurut data dari APJII pada tahun 2012, sekitar 63 juta masyarakat Indonesia (sekitar 24,23% dari total populasi negeri ini), mengakses internet. Jumlah pengguna internet tersebut diperkirakan akan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya (mencapai 139 juta pada tahun 2015). Apa yang mereka lakukan di internet? Tidak hanya mengakses media sosial, masyarakat Indonesia saat ini telah memiliki kesadaran yang tinggi akan kegunaan internet sebagai sumber informasi, termasuk informasi mengenai produk dan jasa.

Sebagai pelaku usaha, apa yang Anda lihat dari fakta tersebut? Iya, tidak salah lagi, internet mempunyai potensi yang sangat baik sebagai tempat mempromosikan sekaligus menjual produk dan jasa yang Anda tawarkan, tanpa adanya batasan jarak dan waktu.
Saya masih bingung dengan cara kerja toko online; baiklah, mari kita lanjut ke ulasan singkat mengenai toko online berikut :)

Apa Itu Toko Online?

Di internet, kita mengenal berbagai jenis media, mulai dari media sosial macam Facebook, sampai toko online berkelas internasional seperti Amazon. Nah, berbicara mengenai toko online, Anda pun dapat membuat toko online Anda sendiri. Tunggu-tunggu, sebenarnya apa itu toko online, apa bedanya dengan toko pada umumnya? Sebenarnya perbedaan mendasar antara toko online dan toko fisik pada umumnya adalah media yang digunakan. Bila toko fisik menggunakan bangunan, rumah, warung, dsb; toko online menggunakan internet sebagai medianya. Jadi berupa website? Anda benar, Jika toko pada umumnya beralamat di Jalan Pagi Menyehatkan 07, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia; maka toko online akan beralamat di www.nama-toko-anda.com.

Saya semakin penasaran, seperti apa sih rupa toko online itu? Sebagai contoh, Anda dapat melihat demo toko online dari Jejualan.com melalui link ini. Di sana Anda bisa menemukan beragam tampilan toko online yang profesional. Salah satunya adalah tampilan toko online dengan tema Emerald yang tampak pada screenshot ini.

tema emerald

Terus bagaimana cara kerjanya? Sederhana saja, konsumen masa kini akan cenderung mencari informasi suatu produk atau jasa melalui internet. Misalnya saja, konsumen hendak membeli sebuah jam tangan, lalu ia akan mencari informasi seputar jam tangan di internet. Katakanlah Anda menjual produk jam tangan di toko online, maka melalui kata kunci yang diketikkan di mesin pencari (Google misalnya), sampailah konsumen tersebut di toko online Anda dan mulai melihat-lihat foto produk yang Anda tawarkan. Konsumen berminat dan memesan jam tangan yang dikehendaki, cara pembayaran pun telah disepakati (melalui transfer bank misalnya), kemudian Anda mengirim jam tangan ke alamat konsumen. Barang sampai, konsumen puas, keuntungan di tangan Anda.

Lalu bagaimana cara membuat toko online? Sedangkan saya tidak mengetahui seluk-beluk pembuatan website? Sesuai dengan judul artikel ini, percayakan saja toko online Anda pada Jejualan.com, Memudahkan Anda Membuat Toko Online. Simak video Tips Membuat Toko Online di Jejualan.com berikut ini.

Video Preview Jejualan.com

youtube image

Setelah melihat video di atas, saya yakin pikiran Anda akan lebih terbuka mengenai toko online. Tak bisa dipungkiri, untuk membuat toko online dibutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus, waktu yang tidak sebentar, serta biaya yang lumayan besar. Tetapi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan Jejualan.com, semua masalah tersebut dapat teratasi.

Sekilas Mengenai Jejualan.com

Jejualan.com adalah website penyedia jasa pembuatan toko online instant yang diluncurkan secara resmi pada 11 Oktober 2012. Sebagai salah satu produk unggulan dari JogjaCamp, Jejualan.com hadir untuk mempersembahkan solusi mudah bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam membuat toko online.

WebsiteJejualan.com
AlamatPT JC Indonesia - Jl. Perintis Kemerdekaan 33, Umbulharjo Yogyakarta 55161
Telepon(0274) 415585 0857 41 444 520 0857 30 700 700 (SMS)
Emailsales@jejualan.com
Facebookfacebook.com/Jejualan
Twitter@Jejualan

Tidak main-main, Jejualan.com memiliki komitmen yang jelas dalam memberikan layanan pembuatan toko online secara mudah, murah, dan berfitur lengkap. Hal tersebut tercermin dari tampilan antar mukanya yang mudah dipahami, biaya bulanan yang kompetitif (mulai 60 ribuan saja), dan segudang fitur keren yang akan membantu Anda mewujudkan kesuksesan dalam berjualan secara online.

Fitur-fitur Keren Jejualan.com

Bagaimana cara membuat toko online di Jejualan.com? Sabar sebentar, silakan simak dahulu fitur-fitur keren yang ada di Jejualan.com berikut ini.

1. SMS Report

SMS Report

Hampir setiap orang kini memiliki ponsel, termasuk pengusaha seperti Anda dan juga konsumen Anda. Ponsel sangat berguna sebagai alat komunikasi kita sehari-hari, tidak hanya untuk ngobrol dan SMS, tapi juga untuk urusan usaha Anda. Selaku pengembang toko online yang profesional, Jejualan.com telah menyediakan fitur SMS Report yang memudahkan Anda dan konsumen Anda dalam bertransaksi. Fitur SMS Report akan memberikan laporan yang akurat terhadap aktivitas-aktivitas penting yang terjadi di toko online Anda, seperti saat ada pemesanan barang misalnya.

Saat ada konsumen yang memesan, Anda akan menerima SMS Order Produk yang berisi nama konsumen, nama toko Anda, dan tata cara pembayaran (isi atau kata-kata SMS dapat Anda atur sendiri). Menariknya, SMS yang Anda terima juga akan diterima oleh konsumen yang memesan tersebut, sehingga di samping terlihat lebih profesional, konsumen dapat segera melakukan pembayaran dan Anda dapat lekas mengirimkan barang yang dipesan.

Selain SMS Order Produk, terdapat 9 macam SMS Report lainnya, seperti SMS approve testimonial, SMS balas kontak, SMS batal order, SMS konfirmasi order, SMS kontak kami, SMS order terkirim, SMS pembayaran diterima, SMS registrasi, dan SMS Testimonial. Lengkap sekali bukan?

2. Halaman Pertama Google

teknologi SEO

Lokasi dan posisi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu toko. Di dunia nyata, toko yang terletak di pusat kota akan lebih banyak dikunjungi daripada toko yang terletak jauh dari pusat kota. Begitu pula di dunia maya atau internet, toko online yang terletak di halaman pertama hasil pencarian Google pasti akan lebih sering dikunjungi daripada toko online yang terletak di halaman dua dan selanjutnya.

Nah, berangkat dari kenyataan tersebut, Jejualan.com memiliki teknologi SEO (Search Engine Optimization) mutakhir untuk menjadikan toko online Anda lebih bersahabat dengan mesin pencari Google. Tidak tanggung-tanggung, teknologi SEO tersebut telah terintegrasi dengan optimal pada semua toko online besutan Jejualan.com, sehingga Anda tidak perlu repot membangun SEO untuk toko online Anda dari awal, cukup gunakan fitur Pengaturan SEO yang disediakan Jejualan.com.

3.Konsultasi Langsung dengan Pakar e-Commerce

Konsultasi

Apakah saya bisa bersaing di tengah menjamurnya toko online sekarang ini? Tenang, Anda tidak sendiri. Jejualan.com dapat menghubungkan Anda dengan pakar e-Commerce yang telah berpengalaman dalam dunia bisnis penjualan secara online, jadi tidak ada alasan untuk ragu maupun takut bersaing dengan toko online manapun. Dari situ Anda akan jauh lebih mengerti mengenai apa yang seharusnya Anda lakukan untuk berhasil menjalankan toko online Anda.

Bagaimana? Semakin jelas kan? Bahwa Jejualan.com benar-benar kompeten dalam menyediakan jasa pembuatan toko online, termasuk memastikan strategi bisnis toko online Anda berhasil dan memiliki daya saing.

4. Ongkos Kirim Otomatis

Ongkos Kirim Otomatis

Melalui toko online, jangkauan konsumen Anda dipastikan lebih luas daripada toko fisik pada umumnya. Oleh karena itu, ongkos pengiriman barang merupakan salah satu faktor yang harus benar-benar diperhatikan untuk menunjang keprofesionalan toko online Anda.

Jejualan.com rupanya memahami benar akan hal tersebut dan menghadirkan fitur Ongkos Kirim Otomatis. Melalui fitur tersebut, Anda tidak perlu repot menentukan besarnya ongkos kirim barang ke setiap wilayah Indonesia. Secara default, Jejualan.com telah mengatur ongkos kirim barang secara otomatis sesuai dengan ongkos resmi yang berlaku untuk JNE dan Pos Indonesia. Data ongkos kirim tersebut diambil langsung dari website resmi JNE dan Pos Indonesia, sehingga bila ada perubahan besaran ongkos kirim, Jejualan.com akan secara otomatis mengupdate data yang ada pada toko online Anda.

5. Layanan 24 Jam

layanan 24 jam

Dalam menjalankan bisnis toko online, ada kalanya Anda menemui aral dan membutukan bantuan. Untuk itu, Anda memerlukan customer support yang bisa diandalkan. Kapan pun Anda memerlukan bantuan, customer support Jejualan.com selalu siap untuk membantu Anda. Tidak perlu sungkan, dengan etos kerja yang baik, Jejualan.com mempersembahkan layanan 24 jam khusus untuk Anda.

Jadi bila suatu saat Anda memiliki masalah dengan toko online Anda, silakan hubungi customer support Jejualan.com untuk mendapatkan solusi terbaik.

6. Marketing Tools

Marketing Tools

Pengenalan produk yang Anda jual kepada konsumen memiliki peran yang sangat dominan dalam menentukan keberhasilan usaha Anda. Oleh karena itu diperlukan promosi produk yang instensif dan berkesinambungan.

Salah satu cara mempromosikan produk adalah dengan mengirimkan Newsletter yang berisi informasi produk Anda kepada konsumen tetap maupun calon konsumen Anda. Di Jejualan.com, Anda dapat mengirimkan 5000 Newsletter/bulan kepada konsumen Anda secara gratis (paket Platinum). Jika kurang, Anda juga dapat membeli saldo Newsletter dengan harga yang kompetitif.

7. Terima Pembayaran dari Manapun

Terima Pembayaran dari Manapun

Setelah memesan barang yang diinginkan dari toko online Anda, konsumen kemudian akan melakukan proses pembayaran. Bagaimana proses pembayaran tersebut berlangsung? Sedangkan konsumen tinggal di wilayah yang jauh dari tempat tinggal saya sebagai pemiliki toko online? Tidak perlu galau, toko online besutan Jejualan.com mampu menangani pembayaran dari manapun, baik dari transfer bank, Paypal maupun kartu kredit.

Di samping itu, Jejualan.com juga menyediakan konfigurasi khusus untuk masing-masing metode pembayaran, sehingga Anda tinggal mengisi data-data rekening bank atau akun Paypal Anda. Tersedianya berbagai pilihan metode pembayaran tersebut tentunya memudahkan Anda dan konsumen Anda dalam bertransaksi.

8. Ratusan Fitur e-Commerce

Ratusan Fitur e-Commerce

Dari ulasan-ulasan atas, beberapa kali kita membaca istilah e-Commerce, lalu apa sebenarnya definisi dari e-Commerce sendiri? Dari Wikipedia, e-Commerce (electronic Commerce) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Perdagangan Elektronik atau e-Dagang, adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Nah, berarti kegiatan yang kita lakukan dengan menjual dan/atau membeli barang atau jasa melalui toko online termasuk dalam aktivitas e-Commerce, keren ya. Sebagai info tambahan, fitur-fitur Jejualan.com terus dikembangkan dari waktu ke waktu agar tetap up to date dan relevan dengan keadaan terkini. Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, masih banyak sekali fitur e-Commerce yang disediakan oleh Jejualan.com, di antaranya dapat kita lihat pada gambar berikut.
menu konfigurasi utama

Hanya 19 fitur? Jangan salah, gambar di atas hanya menampilkan menu konfigurasi utama Jejualan.com saja, di dalam menu-menu tersebut terkandung ratusan fitur e-Commerce yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan toko online Anda. Penasaran dengan fitur-fitur tersebut? Mari kita buat toko online di Jejualan.com.

Buat Toko Onlinemu dalam 20 Detik?

Sebagai penyedia jasa website toko online profesional, Jejualan.com hadir untuk memudahkan Anda dalam membuat toko online, proses pendaftarannya pun tentu saja mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Anda hanya perlu mengisi Nama, Email, No HP, Nama Toko (nama toko ini akan digunakan sebagai nama subdomain toko online Anda, misalnya memudahkan.jejualan.com).

daftar Jejualan.com

Selanjutnya pilih paket yang dinginkan; Paket? Iya, Jejualan.com menawarkan dua buah paket toko online, yaitu Gold dan Platinum; Apa bedanya? Silakan simak tabel perbandingan di bawah ini.

Paket PLATINUM
Paket GoldGratis Desain Logo
60 Ribu Rupiah/bulan200 Ribu Rupiah/bulan
Maksimal 500 produkUnlimited Produk
Gratis domain (.com/.net/.org)Gratis domain (.com/.net/.org)
Ratusan fitur e-Commerce tercanggihRatusan fitur e-Commerce tercanggih
Gratis 2.500 newsletter/bulanGratis 5000 newsletter/bulan
Fitur kupon belanjaFitur kupon belanja
Fitur SEOFitur SEO
DAFTARWhite Label

Hanya 60 ribu Rupiah/bulan untuk fitur toko online selengkap itu? Iya, Anda tidak salah baca, bila Anda menjual lebih dari 500 produk, Anda dapat memilih paket Platinum dengan harga 200 ribu Rupiah/bulan.

Setelah paket terpilih, centang kotak persetujuan dan klik tombol NEXT. Tak beberapa lama, Anda akan disuguhi halaman konfirmasi yang berisi username dan password untuk login ke Jejualan.com. Selanjutnya klik tombol MASUK KE ADMIN PANEL TOKO KU.

Konfirmasi pndaftaran
Pada halaman Admin Panel Jejualan.com, Anda akan disambut dengan 5 langkah mudah untuk mulai berjualan di toko online Anda. Tim Jejualan.com telah menyusun langkah-langkah tersebut secara sistematis dan interaktif, sehingga siapapun bisa membuat toko online dengan mudah dan cepat.
5 langkah mudah membuat toko online
Tambah Produk

1. Tambah Data Produk

Pada langkah pertama ini, Anda akan dibawa ke menu Katalog Produk untuk menambahkan produk yang akan dijual di toko online Anda. Di halaman Tambah Produk, Anda dapat menambahkan data-data berikut.

  1. Nama dan Deskripsi Produk
  2. Kategori Produk
  3. Atribut Produk (berat, harga, ukuran, merk, dsb)
  4. Foto atau gambar Produk
Halaman Tambah Produk

Langkah tersebut hampir sama dengan saat kita menulis artikel di blog. Setelah semua siap, Anda juga dapat membagikan data produk tersebut melaui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Jangan lupa untuk klik tombol SIMPAN untuk menyimpan data-data Anda, hal tersebut juga berlaku untuk langkah-langkah selanjutnya.

Pilih desain

2. Memilih Desain

Untuk menarik perhatian pengunjung dan juga calon pembeli, desain atau tampilan toko online Anda wajib dibuat sekeren mungkin. Untungnya Jejualan.com telah mempersiapkan beragam desain toko online yang dapat Anda sesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Ganti tampilan

Selain desain template secara keseluruhan, Anda juga diberikan pilihan untuk menyesuaikan detil-detil tampilan toko online Anda sesuai selera. Seperti pilihan untuk mengganti logo website, logo email, logo footer, kata-kata di footer, dsb.

logo dan footer

Tersedianya berbagai pilihan penyesuaian tampilan tersebut tentunya dapat menjadikan toko online Anda tampil beda dan lebih eksklusif, sehingga konsumen Anda merasa nyaman dalam memilih produk dan bertransaksi di toko online Anda.

Pembayaran

3. Mengisi Data Metode Pembayaran

Data mengenai metode pembayaran sebaiknya diisi selengkap mungkin agar konsumen Anda tidak mengalami kesulitan dalam melakukan proses pembayaran. Bila Anda memilih metode pembayaran melalui transfer Bank, silakan isi Nama Bank, Nomor Rekening, dan Nama Pemilik Rekening pada kolom yang telah disediakan.

Transfer Bank

Untuk pembayaran melalui Paypal, isi Email Paypal Anda, tentukan biaya tambahan, dan juga nilai tukar $USD terhadap Rupiah. Sesederhana itu :)

Paypal
Pengiriman

4. Mengatur Ongkos Kirim

Seperti yang telah disebutkan di atas, Jejualan.com telah menyediakan pengaturan besarnya ongkos kirim secara otomatis untuk JNE dan Pos Indonesia.

Ongkos Pengiriman

Anda cukup mengatur dari provinsi dan kota mana pengiriman barang dilakukan, serta menentukan jenis ekspedisi apa yang digunakan untuk mengirim barang (JNE Yes atau Pos Kilat Khusus misalnya). Memudahkan bukan? :)

Kontak

5. Mengisi Data Kontak

Agar konsumen mudah menghubungi Anda, silakan isi data kontak Anda dengan jelas. Di bagian pengaturan utamanya, Anda bisa mengisi alamat email dan nomor telepon, bila dirasa kurang, Anda dapat menambahkan sendiri data lainnya di kolom yang tersedia.

Pengaturan Kontak

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan Peta Google atau Google Maps pada data kontak Anda.

Google Maps

Caranya pun tidaklah sulit, cukup isi alamat Anda, lalu klik tombol Cek Tampilan di Google Maps untuk menampilkan alamat Anda di Google Maps, jangan lupa untuk klik tombol Simpan.

Cek Tampilan di Google Maps

Nah, tak perlu berpanjang lebar, toko online Anda kini telah siap pakai. Untuk melihat seperti apa tampilan toko online Anda, silakan klik tombol Lihat Tokoku yang terletak di pojok kiri atas halaman Admin Panel Jejualan.com.

Lihat Tokoku

Anda juga dapat melihat-lihat screenshot dari toko online yang saya buat di Jejualan.com berikut ini.

Galeri Screenshot Toko Online Jejualan.com?

toko online homeToko online produkKategori ProdukHalaman Ongkos KirimHalaman PembayaranHalaman Kontak
Sekarang terbukti, tanpa harus bergelut dengan kode HTML, CSS, dan kawan-kawannya, Anda sudah bisa membuat toko online Anda sendiri di Jejualan.com. Sederhana dan cepat sekali ya? Memang itu tujuannya, kesederhanaan dan kecepatan merupakan wujud dari kemudahan yang ditawarkan Jejualan.com. Dengan fitur-fitur yang sangat lengkap dan canggih, Jejualan.com tetap mengutamakan kemudahan dalam pengoperasian toko online besutannya.

Saya sangat tertarik dengan Jejualan.com, tapi apakah bisa saya mencoba fitur-fitur Jejualan.com sebelum memutuskan untuk membayar? Bisa, bila mendaftar sekarang, Anda akan mendapatkan free trial 15 hari, yang dapat digunakan untuk mencoba fitur-fitur Jejualan.com, jadi jangan lewatkan kesempatan ini.

daftar free trial 15 hari

Program Affiliate Jejualan.com

Selain memudahkan Anda membuat toko online, Jejualan.com juga mengajak Anda untuk memperoleh penghasilan lebih dengan membuka program affiliate. Bagaimana caranya? Caranya mudah,1 Daftarkan diri Anda pada program affiliate Jejualan.com, gratis,2 Promosikan Jejualan.com dengan cara-cara yang legal,3 Dapatkan komisi 30% dari setiap member baru yang mendaftar paket Jejualan.com melalui link affiliate Anda.

Afilliate Jejualan.com

Dari mana saya mendapatkan link affiliate tersebut? Setelah mendaftar program affiliate Jejualan.com, Anda bisa memiliki link affiliate yang dapat digunakan sebagai salah satu media promosi. Anda dapat memasang link tersebut pada website atau blog yang Anda miliki, dan juga media sosial yang Anda ikuti.

Semakin banyak member baru yang terdaftar melalui link affiliate Anda, semakin besar pula penghasilan Anda :)

Simpulan

Semakin bertambahnya pengguna internet di Indonesia dan juga dunia dari tahun ke tahun, memberikan peluang besar bagi para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan usahanya di dunia maya dengan cara membuka toko online. Kendalanya, tidak semua pelaku usaha mengerti cara membuat toko online. Untungnya, Jejualan.com hadir dengan memberikan solusi mudah untuk membuat toko online yang berkualitas dan profesional.

Seperti yang telah terpampang nyata pada ulasan di atas, Jejualan.com memiliki beragam fitur yang mampu menunjang keberhasilan Anda dalam membuat toko online dengan cepat dan dan biaya yang murah. Meski demikian, Jejualan.com tidak melupakan kemudahan dalam segala aspek layanannya, sehingga siapapun bisa membuat dan mengoperasikan toko online-nya sendiri.

Di samping sebagai penyedia jasa pembuatan toko online, Jejualan.com juga menawarkan program affiliate menguntungkan yang dapat dikuti siapa saja dengan gratis, hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi Jejualan.com. Sebagai penutup dan simpulan dari seluruh ulasan di atas, dapat dipastikan bahwa Jejualan.com pantas mendapat predikat sebagai penyedia jasa pembuatan toko online terbaik di negeri ini. Oleh karena itu, buat toko online Anda di Jejualan.com sekarang juga! :)

Referensi Artikel, Gambar, dan Video

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×