20 Februari 2013

Ubuntu for Tablet Resmi Diperkenalkan oleh Canonical

Setelah memperkenalkan Ubuntu for Phone bulan lalu, hari ini Canonical secara resmi memperkenalkan Ubuntu for Tablet. Hampir sama dengan Ubuntu Phone, sistem operasi Ubuntu for Tablet juga dioptimalkan untuk kendali sentuh dan gesture. Secara tampilan pun, Ubuntu Tablet tidak jauh berbeda dengan Ubuntu for Phone karena memang berasal dari sistem dan kode sumber yang sama.

Ubuntu for Tablet

Meskipun begitu, Ubuntu for Tablet memiliki fitur-fitur unik yang tak terdapat pada Ubuntu Phone. Misalnya, mirip dengan Windows 8 Snap View, Ubuntu for Tablet dapat menjalankan aplikasi ponsel dan aplikasi tablet sekaligus dalam satu layar, yang disebut Side Stage.

Side Stage

Selanjutnya, Ubuntu for Tablet mempunyai sebuah fitur pemanggil tampilan menu HUD Ubuntu dengan kendali suara (voice control).

Akses menu via voice control

Tablet yang berjalan dengan Ubuntu dapat dioperasikan layaknya PC dengan menambahkan mouse dan keyboard. Anda juga bisa menghubungkan tablet Ubuntu ke TV untuk menikmati fitur-fitur Ubuntu for TV.

Layaknya sistem operasi tablet modern lain, Ubuntu for Tablet memungkinkan pengguna untuk berbagi penggunaan tablet dengan teman atau keluarga Anda melalui fitur multiple account dan guest account. 

ubuntu tablet multiple account
Multiple Account

Fitur Unity yang telah lama diterapkan pada Ubuntu Desktop juga dihadirkan di Ubuntu for Tablet, sehingga Anda dapat mengakses aplikasi favorit Anda dengan mudah dari mana saja (multitasking).

Unity Ubuntu Tablet
Unity

Untuk menjalankan sistem operasi Ubuntu for Tablet, dibutuhkan tablet dengan ukuran layar 6 sampai 20 inci yang berjalan pada arsitektur ARM dan x86. Selengkapnya mengenai fitur-fitur Ubuntu for Tablet dapat disimak pada video berikut.


Ubuntu fot Tablet akan dirilis untuk para pengembang bersamaan dengan perilisan Ubuntu for Phone 21 Februari mendatang. 

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×