25 Februari 2013

Mozilla Resmi Merilis Firefox OS pada Ponsel Alcatel OT Fire dan ZTE Open

Setelah lama diperkenalkan, akhirnya Mozilla resmi merilis Firefox OS melalui kerja samanya dengan Qualcomm sebagai penyedia chipset Snapdragon, dan 4 vendor ponsel - ZTE, Alcatel, LG, dan Huawei. Di Ajang MWC (Mobile World Congress), Mozilla memamerkan dua buah ponsel yang ditenagai Firefox OS, yaitu Alcatel One Touch Fire dan ZTE Open.

Firefox OS

Firefox OS adalah sistem operasi yang berbasis HTML5 yang menggunakan teknologi yang dipakai browser Firefox. Tujuan dicipitakan Firefox OS sebagai sistem operasi yang terbuka (open source) adalah untuk memudahkan pengembang membangun aplikasi dan merilisnya di Firefox Marketplace.

Firefox OS

Anda dapat mengunjungi Firefox Marketplace menggunakan browser Firefox Aurora untuk Android. Di sana Anda bisa menemukan aplikasi Facebook, Twitter, Nokia Here, Box, serta berbagai game dari EA Mobile dan Disney Mobile Games.


Mengenai masalah privasi, Firefox OS mempunyai komitmen, keamanan, dan kustomisasi yang sama dengan Firefox browser yang sudah dikenal baik selama ini.

Firefox OS juga mendukung panggilan video melalui Web RTC, yang beberapa waktu yang lalu diperkenalkan di browser Firefox dan Chrome.


Alcatel One Touch Fire

Alcatel One Touch Fire memiliki layar 3.5 inci, prosesor 1GHz, RAM 256MB, kamera 3.2MP, memori internal 512MB, dan slot microSD dengan kartu microSD 2GB gratis. Konektivitasnya sudah mendukung 3G, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth, dan GPS (dengan peta dari Nokia HERE).

Alcatel One Touch Fire

Rencananya, Alcatel One Touch Fire dengan Forefox OS akan dirilis pertama kali di China, Amerika Latin, dan Polandia.


ZTE Open

Selanjutnya ZTE Open, yang memiliki kemiripan spesfikasi dengan Alcatel One Touch Fire, yaitu layar 3,5 inci HVGA, prosesor 1GHz Cortex-A5, dan RAM 256MB. Memory internalnya 512MB lengkap dengan kartu microSD 2GB.

ZTE Open

Konektivitasnya pun serupa, ZTE Open mampu menangkap jaringan 3G (7.2Mbps HSDPA, 5.76Mbps HSUPA), dilengkapi dengan Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 3.0, GPS, dan FM Radio. Belum ada keterangan resmi mengenai harga dan ketersediaan ZTE Open sampai artikel ini ditulis.

via GSMArena

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×