25 November 2012

Cara Install Windows 8 Melalui USB Flashdisk [Bagian Kedua]

Artikel ini merupakan lanjutan dari Cara Install Windows 8 Melalui USB Flashdisk [Bagian Pertama]. Ada tiga pilihan installasi Windows 8, yaitu upgradedual boot, dan clean install. Untuk upgrade Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7 ke Windows 8, cukup gunakan Virtual Clone Drive untuk menjalankan file ISO Windows 8 dan ikuti instruksi yang muncul (Anda juga dapat mengikuti tutorial di bawah ini untuk melakukan upgrade). Untuk menginstall Windows 8 dual boot dengan Windows 7, akan dibahas pada artikel berikutnya. Selanjutnya, artikel ini akan membahas pilihan installasi Windows 8 yang ketiga, yaitu clean install.

windows 8 pro 32-bit

Dengan melakukan clean install Windows 8, installasi Windows lama Anda (dan aplikasi yang terinstall di dalamnya) akan dihapus dan diganti dengan Windows 8. Hal tersebut juga berarti bahwa semua data yang disimpan di partisi harddisk di mana Windows lama diinstall (biasanya pastisi C) juga akan dihapus, namun bila sisa ruang partisi C harddisk Anda mencukupi (minimal 16 GB), data-data tersebut akan disimpan di folder Windows.old. Oleh karena itu, bila Anda menyimpan data penting, sebaiknya disimpan di partisi lain (misalnya partisi D) atau di harddisk eksternal.

Langkah selanjutnya adalah menginstall Windows 8 menggunakan bootable USB. Installasi yang dibahas pada artikel ini menggunakan Windows 8 Pro 32-bit.

Kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi pada data komputer Anda dengan menggunakan tutorial ini, selalu backup data, dokumen, file-file penting Anda sebelum menginstall sistem operasi apapun, kecuali bila Anda memang benar-benar mengerti apa yang Anda lakukan. DWYOR (Do With Your Own Risk).

Langkah 1: Pastikan USB flashdisk masih terpasang, lalu restart komputer Anda untuk booting komputer melalui USB flashdisk.


Langkah 2: Tekan tombol apa saja saat pesan Press any key to boot from external device muncul di layar.

Langkah 3: Tunggu beberapa saat, logo Windows 8 akan muncul di layar komputer Anda.

logo windows 8

Tunggu sampai file-file yang diperlukan untuk installasi selesai dimuat.


Langkah 4: Pilih bahasa yang akan digunakan saat installasi, format waktu dan mata uang, dan juga keyboard layout. Bila Anda tidak yakin, Anda dapat mengganti pengaturan tersebut setelah installasi selesai. Setelah itu, klik Next.

windows 8 setup


Langkah 5: Klik Install Now

windows 8 install now


Langkah 6: Tunggu beberapa saat, proses installasi akan segera dimulai

installasi windows 8 dimulai


Langkah 7: Masukkan Produk Key Windows 8 Anda lalu klik Next.

product key windows 8


Langkah 8: Centang I accept the license terms dan klik Next.

windows 8 license terms


Langkah 9: Pada langkah ini, Anda dapat memilih Upgrade atau Custom, kami menyarankan Anda memilih Custom untuk hasil installasi Windows 8 yang benar-benar clean. 


upgrade windows 8


Langkah 10: Pilih partisi harddisk C, bila ruang kosong partisi tidak mencukupi, format partisi tersebut melalui Drive Option (advanced). Pastikan Anda tahu dan paham apa yang Anda lakukan pada langkah ini lalu klik Next.


pilih partisi harddisk windows 8


Langkah 11: Tunggu proses installasi Windows 8 hingga selesai. Proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit, tergantung spesifikasi komputer Anda.

menunggu proses installasi windows 8


Langkah 12: Setelah proses installasi (tahap pertama) selesai, layar berikut ini akan muncul, tunggu 10 detik atau klik Restart now untuk merestart komputer Anda.

restart windows 8


Langkah 13: Setelah restart, (untuk beberapa kasus) akan muncul perintah Press any key to boot from external device, pada kasus ini jangan tekan tombol apapun. Beberapa saat kemudian, logo Windows 8 akan kembali muncul, tunggu sampai proses installasi (tahap kedua) selesai.

windows 8 getting ready


Langkah 14: Setelah proses installasi (tahap kedua) selesai, komputer akan restart kembali. Tunggu sampai layar ini muncul. Pilih warna dan beri nama komputer Anda, lalu klik Next.

windows 8 personalize


Langkah 15: Bila komputer Anda mendukung Wireless Network, layar setting Wireless akan muncul, bila tidak, layar berikut akan muncul. Klik Customize untuk mengubah setting awal Windows 8, atau klik Use express setting untuk memilih setting bawaan Microsoft.

windows 8 setting


Langkah 16: Selanjutnya Sign in dengan akun Microsoft Anda (ini penting bagi Anda yang ingin memanfaatkan fitur-fitur menarik Windows 8), bila Anda belum punya akun Microsoft, gunakan alamat email Anda untuk Sign in lalu klik Next.

sign in windows 8


Langkah 17: Akhirnya Installasi Windows 8 hampir selesai, tunggu beberapa saat dan Windows 8 Anda akan segera siap untuk digunakan :)

windows 8 finalizing

windows 8 ready

windows 8 clean install final

Sampai di sini proses installasi Windows 8 telah selesai, selanjutnya Anda dapat mencoba fitur-fitur baru Windows 8, menginstall driver yang sekiranya belum tersedia, atau mengunjungi Apps Store untuk menginstall aplikasi-aplikasi menarik yang khusus dibuat untuk Windows 8 :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×