28 Oktober 2012

Siapkan Komputer Anda Sebelum Menginstal Windows 8

Apakah Anda berencana untuk meng-upgrade komputer Anda ke Windows 8? Sudah siapkah komputer Anda diinstal Windows 8? Berikut ini kami sajikan tips-tips untuk mempersiapkan komputer Anda sebelum diinstal Windows 8.

Windows 8 Pro


Spesifikasi Minimal Windows 8

Pihak Microsoft mengatakan bahwa bila komputer Anda dapat menjalankan Windows 7, maka komputer Anda bisa diinstal Windows 8. Lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi minimal komputer yang dapat menjalankan Windows 8.

  • Prosesor 1 GHz atau lebih cepat
  • RAM 1 GB untuk Windows 8 versi 32-bit, dan RAM 2 GB untuk Windows 8 versi 64-bit
  • Sisa ruang harddisk 16 GB untuk Windows 8 versi 32-bit, dan sekitar 20 GB untuk Windows 8 versi 64-bit
  • Graphics Card yang kompatibel dengan Microsoft DirectX 9

Untuk mengetahui spesifikasi komputer Anda, silakan klik Start menu > My Computer > klik kanan > Properties.

Sampai saat ini, beberapa netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom Cedar Trail bermasalah saat diinstal Windows 8. Belum ada keterangan resmi mengenai masalah ini, namun tidak ada salahnya bila Anda ingin mencoba Windows 8.


Untuk dapat menggunakan fitur-fitur Windows 8, ada beberapa spesifikasi tambahan yang diperlukan, namun tidak wajib, seperti fitur kendali sentuh yang tentunya harus menggunakan monitor berlayar sentuh. Selain itu, aplikasi Windows 8 membutuhkan monitor dengan layar beresolusi minimal  1024x768, dan untuk memanfaatkan fitur apps snapping, diperlukan layar dengan resolusi minimal 1366x768.


Cek apakah program, aplikasi, dan perangkat keras pendukungnya kompatibel dengan Windows 8

Microsoft's Compatibility Center

Sebagian besar program, aplikasi dan perangkat keras pendukungnya yang dapat berjalan di Windows 7 juga kompatibel dengan Windows 8. Bila Anda ragu, silakan cek program, aplikasi, beserta perangkat keras pendukungnya di Microsoft's Compatibility Center atau gunakan Windows 8 Upgrade Assistant.

Windows 8 Upgrade Assistant


Pilih versi Windows 8 yang sesuai dengan komputer Anda

Tidak seperti Windows 7, Microsoft tidak menyediakan banyak versi untuk Windows 8. Secara garis besar, Windows 8 hanya terdiri dari dua versi, yaitu Windows 8 (Core) dan Windows 8 Pro. Terdapat pula Windows 8 Enterprise yang ditujukan untuk bisnis, dan Windows 8 RT yang khusus untuk tablet. Jadi untuk komputer rumahan, hanya tersedia dua versi yang cocok, yaitu Windows 8 dan Windows 8 Pro. Untuk memudahkan pilihan Anda, berikut kami sajikan tabel perbandingan fitur Windows 8 (Core) dan Windows 8 Pro, serta Windows 8 Enterprise.



Bagaimana? sudah menentukan pilihan? Sebelum memutuskan untuk membeli Windows 8, ada baiknya Anda mencobanya terlebih dahulu dengan mengunduh Windows 8 Final Enterprise Evaluation for Developers secara gratis. Jangan lewatkan pula 10 Fitur Terbaru Windows 8 yang Layak Anda Ketahui.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×