01 Desember 2012

Nokia Akan Membuat Ponsel Android?

Ditulis oleh pada 1.12.12
Baru-baru ini Nokia dikabarkan sedang mencari tenaga kerja yang ahli dalam bidang Linux (kenapa bukan Windows?). Hal tersebut membuka sebuah kemungkinan bahwa Nokia akan membuat perangkat dengan sistem operasi Android (sekedar info, Linux adalah dasar dari Android).

Nokia Lumia 920 Android

Berikut ini adalah kutipan LinkedIn job description yang diposting oleh Nokia.

We are looking for an expert C/C++ & JAVA engineers to develop embedded linux device software and hardware drivers for our exciting new products. The candidate must have knowledge and experience working with mobile phone technology. Strong knowledge of embedded linux drivers and resource optimizations such as scheduler/governor is a must. Experience with network stack, RF driver, display driver, and imaging pipeline are also essential.

You will be a hands-on leader of the team that builds innovative products and services using the latest mobile, imaging, and location technologies. You should have shipped commercial software, great team collaboration skills, and strong communication skills. You should also be passionate for mobile devices, be self-driven and motivated and be adaptable to the ever changing mobile market. You will also be closely involved in architecture, system design and product specification.

Seperti kita ketahui, dalam membuat Windows Phone, Nokia dibantu oleh Microsoft, namun sepertinya selama ini Nokia belum memiliki teknisi yang ahli dalam bidang Linux. Mungkin Android merupakan rencana cadangan Nokia bila Windows Phone tidak mampu lagi bersaing dalam bisnis ponsel pintar.

Kemungkinan lain, Nokia sedang mempersiapkan sistem operasi baru sebagai pesaing Android, mengingat Linux bersifat open source dan bebas dikembangkan oleh siapa saja. Kita memang tidak tahu persis apa yang sedang atau akan direncanakan Nokia dengan mencari seorang ahli Linux, bisa saja Nokia berencana mempelajari Android untuk menggugat Google yang mungkin melanggar paten Nokia :D

Tetapi, mungkin juga Nokia hanya mencari ahli Linux untuk membuat Nokia Maps (HERE Maps) berjalan di perangkat Android. Bagaimana menurut Anda?

UPDATE: Seorang PR dari Nokia, Doug Dawson, menegaskan bahwa mereka mencari ahli Linux untuk membuat HERE Maps berjalan di perangkat Android dan iOS, itu saja, tidak lebih. Jadi, setidaknya untuk sekarang, jangan berharap Nokia akan membuat ponsel Android :D

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×