16 Juli 2014

Download Google Play Store 4.8.19 - 4.8.22 APK dengan Dukungan PayPal [Juli 2014]

Google Play Store Icon
Pertengahan bulan Mei ini, Google Play Store kembali mendapatkan update. Perubahan paling mencolok dari aplikasi Play Store versi terbaru ini adalah hadirnya dukungan pembayaran aplikasi Android melalui PayPal. Meski begitu, saat ini, fitur pembelian aplikasi via PayPal tersebut belum sampai ke negera kita tercinta ini.

Tak perlu khawatir, selain dukungan PayPal, Google Play Store 4.8.19 masih memiliki beberapa perubahan menarik lain yang patut untuk disimak.


Informasi aplikasi yang lebih mudah ditemukan


Sebelumya, bila kita browsing aplikasi Android via Play Store, mengetahui versi suatu aplikasi atau game bukanlah hal yang mudah (karena letaknya di bagian paling bawah dari deskripsi aplikasi, dan biasanya deskripsinya panjangnya ga tanggung-tanggung).

Play Store lamaPlay Store baru dengan Aditional Information

Kiri: Play Store versi lama | Kanan: Play Store 4.8.19

Kini, aplikasi Play Store 4.8.19 telah dilengkapi dengan informasi mengenai aplikasi yang lebih mudah ditemukan dari versi sebelumnya (seperti versi, tanggal upload, ukuran setelah diinstall, rating konten, dan permissions). Cek screenshot di atas (bagian Additional Information).


Bagian Permission yang lebih sederhana


Ketika kita menginstall aplikasi dari Play Store, (setelah tap tombol Install) akan muncul daftar permission dari aplikasi yang akan diinstall. Bila dulu kita disuguhi daftar panjang dari kategori permission aplikasi beserta keterangannya, di versi Play Store terbaru ini, kita akan melihat daftar permission yang lebih simpel.

Permission Play Store lamaPermission Play Store baru

Kiri: Play Store versi lama | Kanan: Play Store 4.8.19

Iya, kini Play Store hanya menampilkan kategorinya saja, sedangkan keterangannya baru akan muncul bila kita tap bagian kategori tersebut.


Perubahan tampilan jendela Review


Lebih fresh, begitu kesan yang muncul dari jendela Review baru Google Play Store. Selain avatar Google Plus yang dipindah ke tengah atas, terdapat background baru yang menghiasi bagian atas jendela tersebut.

Jendela review play store lamaJendela review play store baru

Kiri: Play Store versi lama | Kanan: Play Store 4.8.19

Keterangan dari bintang pun berubah, bila dulu (berurutan dari bintang 1 sampai 5) Poor, Below average, Average, Above average, dan Excellent, sekarang diganti menjadi Hated it, Disliked it, It's OK, Liked it, dan Loved it.


Tombol yang lebih besar


Tombol Install, Uninstall, Update, dsb kini tampil dengan ukuran yang lebih besar, sehingga lebih mudah diakses dan mengurangi resiko salah pencet :D

Tombol Play Store lamaTombol Play Store baru

Kiri: Play Store versi lama | Kanan: Play Store 4.8.19


Dukungan PayPal


Nah ini, sampai artikel ini diterbitkan, fitur PayPal di Google Play Store hanya tersedia untuk negara Austria, Belgia, Kanada, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Spanyol, Amerika Serikat, dan Inggris.

fitur PayPal di Google Play Store

Yup, betul sekali, seperti yang tadi kita bahas, fitur PayPal di Google Play Store versi 4.8.19 ini belum tersedia untuk pengguna Android di Indonesia (mungkin belum saatnya kali ya).


Download Google Play Store terbaru


Ok, seperti biasa, Anda bisa menunggu update otomatis aplikasi Play Store untuk perangkat Android Anda (bisa dicek melalui Setting > tap pada Build version).

Bila Anda tak ingin menunggu lebih lama, silakan download Google Play Store 4.8.19 APK melalui link yang tersedia di bawah ini.

Download Google Play Store 4.8.19 APK (Android 2.2+)

UPDATE 01/06/2014: Setelah sekitar 2 minggu versi 4.8.19 dilepas ke publik, Google Play Store kembali diperbarui. Iya, kali ini Google Play Store versi 4.8.20 telah dirilis. Tidak ada yang baru dari segi UI dan fitur, mungkin hanya perbaikan bug. Meski begitu, update tetaplah update, segera unduh dan install Google Play Store 4.8.20 agar perangkat Android Anda tidak kudet :D

Download Google Play Store 4.8.20 APK (Android 2.2+)

UPDATE 16/07/2014: Google Play Store versi terbaru dirilis di bulan Juli ini. Tampaknya, update Play Store kali ini hanya perbaikan bug atau minor update. Silakan unduh Google Play Store 4.8.22 melalui link berikut.

Download Google Play Store 4.8.22 APK


UPDATE 23/07/2014: Masih di bulan Juli, selepas pengumuman hasil Pilpres 2014, Google merilis update terbaru dari Google Play Store. Update kali ini terbilang istimewa, karena membawa serta Material Design yang kini sedang marak diperbincangkan (seiring proses perilisan Android L). Penasaran? Cek artikel Download Google Play Store 4.9.13 APK dengan Material Design untuk info lebih lanjut.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×