09 Mei 2013

Terjemahan Bahasa Jawa Kini Tersedia di Google Translate

Belum lama ini, Google telah menambahkan lima bahasa baru yang dapat diterjemahkan dengan menggunakan layanan Google Translate. Menariknya, salah satu dari lima bahasa baru tersebut adalah bahasa Jawa, bahasa kedua yang paling banyak digunakan di negeri ini setelah bahasa Indonesia.

Terjemahan Bahasa Jawa Kini Tersedia di Google Translate

Dikutip dari blog resmi Google, berikut ini adalah lima bahasa baru yang didukung Google Translate.

  • Bosnia adalah bahasa resmi di wilayah Bosnia dan Herzegovina yang juga digunakan di berbagai wilayah negara tetangga serta komunitas diaspora di seluruh dunia.
  • Cebuano adalah salah satu bahasa yang digunakan di Filipina, terutama di daerah pusat (Visayas) dan selatan (Mindanao).
  • Hmong adalah bahasa yang dituturkan di banyak negara, termasuk Cina, Vietnam, Laos, Thailand dan di beberapa bagian Amerika Serikat.
  • Jawa adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan 83 juta penutur asli.
  • Marathi digunakan di India dan memiliki 73 juta penutur asli. Google Translate sudah mendukung beberapa bahasa India lainnya: Bengali, Gujarati, Hindi, Kannada, Tamil, Telugu dan Urdu.

Sekarang lebih dari 70 bahasa dari seluruh dunia dapat diterjemahkan dengan menggunakan Google Translate, termasuk bahasa Jawa. Meski demikian, kelima bahasa baru ini (kecuali bahasa Bosnia) masih dalam versi ‘alpha’, jadi kualitas terjemahannya bisa dikatakan belum maksimal. Google mengatakan bahwa mereka akan terus menguji dan meningkatkan akurasi terjemahan bahasa-bahasa tersebut. Google juga menyebutkan bahwa mereka akan terus menambah bahasa baru di layanan Google Translate dari waktu ke waktu.

Ingin mencoba menerjemahkan bahasa Jawa ke bahasa lain? Silakan akses Google Translate melalui web, perangkat Android, dan iOS.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×