15 September 2018

Mengganti Posisi Tombol Navigasi On Screen Xiaomi Pocophone F1

Ditulis oleh pada 15.9.18
Mengikuti tren layar penuh, tombol navigasi yang menyatu dengan layar kini sudah mulai umum kita temui di ponsel-ponsel Android keluaran terbaru, tidak terkecuali Pocophone F1. Meski navigasi gesture ala iPhone X juga telah hadir di MIUI for Poco, tombol navigasi on screen tetap dipertahankan sebagai pilihan default atau bawaan.

Pindah posisi tombol Xiaomi Pocophone F1

Untuk pengguna yang sudah terbiasa menggunakan hape Xiaomi, Oppo, Vivo, atau pun Samsung, bernavigasi dengan Pocophone F1 rasanya tidak ada masalah, karena urutan tombol navigasinya bisa dikatakan serupa walau tak sama bentuknya. Iya, urutan tombol navigasi ponsel-ponsel yang disebut tadi umumnya dimulai dari tombol recent/menu di sebelah kiri, kemudian tombol home, dan ditutup oleh tombol back di posisi paling kanan.

Perbedaan tata letak tombol navigasi MIUI dan Android pure

Masalahnya, buat pengguna yang sebelumnya akrab dengan Android murni atau yang mendekati (seperti ponsel Android One, Nexus, Pixel, atau Nokia), kemungkinan akan memerlukan sedikit penyesuaian saat mengoperasikan Pocophone F1. Mengapa bisa begitu? Buat yang belum tahu, tombol navigasi pada Android murni (AOSP) urutannya terbalik sob, jadi tombol back di sebelah kiri, disusul tombol home, dan diakhiri oleh tombol recent/menu.



Mengingat Pocophone F1 menggunakan tombol navigasi di layar alias on screen, masalah urutan tombol tersebut bisa diatasi dengan mudah sob. Benar, tak seperti tombol navigasi fisik pada hape Android zaman dulu, tombol navigasi on screen di Pocophone F1 bisa diubah urutannya (dibalik) sesuai kebutuhan pengguna. Bagaimana caranya?


Cara Mengubah Urutan Tombol Navigasi di Layar Pocophone F1


Agar urutan tombol navigasi Pocophone F1 menjadi seperti urutan tombol di ponsel Android murni, silakan ikuti langkah mudah berikut ini.

  1. Masuk ke Setelan (Settings) → Tampilan layar penuh (Full screen display) → kemudian matikan opsi "Tukar posisi tombol" (Mirror button).

    Mengubah Urutan Tombol Navigasi di Layar Pocophone F1

  2. Nah, maka seketika tombol back dan recent/menu akan bertukar posisi, sehingga urutannya menjadi tombol back - home - recent/menu. Selain Pocophone F1, cara di atas juga bisa diterapkan pada ponsel Xiaomi lainnya sob, asal layarnya sudah fullview dan memiliki tombol navigasi on screen; seperti Redmi 5, Redmi 6, Redmi Note 5, Mi 8, dan sebagainya.

  3. Apakah bisa mengubah posisi tombol home? Untuk saat ini tidak bisa sob, karena setelan tersebut hanya berfungsi untuk membalik posisi tombol back dan recent/menu saja, oleh karena itu letak tombol home akan selalu di tengah.

  4. Lalu apakah tombol navigasi Pocophone F1 bisa disembunyikan? Bisa, dan pada umumnya akan tersembunyi otomatis saat kita membuka aplikasi atau game tertentu yang membutuhkan semua ruang di layar. Bagaimana cara memunculkannya kembali? Swipe sisi bawah (sisi di mana tombol berada) untuk memanggil tombol navigasi.

Sip, itulah cara mudah memindahkan tombol back dan menu/recent di Pocophone F1 melalui setelan bawaan MIUI for Poco. Sebagai tambahan, kita juga bisa menggunakan opsi "Gerakan layar penuh" atau "Fullscreen navigation" sebagai pengganti tombol navigasi di Pocophone F1. Caranya juga bisa dicek di laman "Tampilan layar penuh" (Full screen display). Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×