22 Februari 2018

Menambahkan Deskripsi Grup WhatsApp

Ditulis oleh pada 22.2.18

Dalam grup WhatsApp, kita (baik admin maupun anggota) bisa mengubah nama dan foto grup kapan saja. Iya, siapa saja bisa menggantinya sesuai selera, paling tidak untuk saat ini. Ke depannya, WhatsApp berencana untuk menerapkan fitur baru yang memungkinkan admin grup memilih siapa saja yang boleh mengedit nama dan foto grup.

Cara Menambahkan Deskripsi Grup WhatsApp

Sebelum itu, kemarin WhatsApp telah merilis fitur deskripsi grup. Benar sob, selain nama (subjek) dan foto (ikon), kini kita juga bisa menambahkan keterangan atau informasi singkat mengenai grup yang kita ikuti. Ya semacam 'bio' atau 'about' lah istilahnya.

Bergunakah? Banget. Di samping anggota grup, deskripsi tersebut juga bisa dibaca oleh orang-orang yang kita undang masuk ke grup, sehingga berpotensi memperbesar kemungkinan mereka menerima undangan kita. Bisa dikatakan sifatnya publik sob, jadi jangan menuliskan hal-hal yang sensitif di deskripsi grup. Lalu bagaimana cara buatnya?

Cara Menambahkan Deskripsi Grup WhatsApp

Saat ini fitur deskripsi grup WhatsApp masih dalam tahap pengembangan dan hanya tersedia pada aplikasi WhatsApp mulai versi 2.18.54 beta. Anda bisa mengunduhnya melalui APK Mirror atau situs resmi WA bila berminat.

Kan bisa join beta? Sekarang program beta test WhatsApp sudah penuh sob, jadi sementara tidak menerima tester baru. Buat beta tester lama silakan perbarui aplikasi WA Anda melalui Play Store.

UPDATE 15/03/2018: Kini WhatsApp versi stabil (v.2.18.79 ke atas) yang dirilis di Play Store sudah dilengkapi dengan fitur deskripsi grup.

Setelah itu silakan masuk ke grup Anda lalu ketuk nama grup untuk masuk ke laman info. Nah, di bawah nama grup, langsung ketuk "Tambahkan deskripsi grup" (Add Group Description) untuk mengedit keterangan mengenai grup WA Anda.

Mengedit informasi grup WA

Tak perlu jadi admin untuk mengedit deskripsi grup WA sob. Walau begitu nama pelakunya akan muncul di notifikasi grup, sehingga satu grup bisa tahu siapa yang suka iseng mengedit deskripsi 😁

Notifikasi perubahan deskripsi grup WA

Seperti yang telah disinggung pada paragraf pertama, nantinya admin grup WA bisa membatasi siapa saja yang boleh mengedit informasi grup, termasuk deskripsi, nama, maupun fotonya. Kapan? Belum ada informasi resmi sob, namun sepertinya tidak lama lagi, kita tunggu saja. Selamat mencoba 😊

UPDATE 02/05/2018: Mulai WhatsApp beta versi 2.18.132, kita sebagai admin grup WA sudah bisa mengatur siapa saja yang bisa dan boleh mengedit nama grup (termasuk foto profil dan deskripsinya). Bagaimana caranya? Silakan cek artikel Mencegah orang lain mengganti nama, foto, dan deskripsi grup WhatsApp.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×