07 September 2013

Upload Foto Instagram via PC dengan InstaPic

Ditulis oleh pada 7.9.13
Bisakah kita mengupload atau mengunggah foto ke Instagram tanpa menggunakan smartphone Android atau iPhone? Tentu saja bisa. Bila Anda mencari di Google dengan kata kunci "upload foto Instagram menggunakan PC" atau semacamnya, yang akan muncul pada umumnya adalah tutorial upload foto Instagram menggunakan emulator Android (BlueStacks).

InstaPic Windows 8

Nah, bila Anda mencari cara alternatif, dan sedang menggunakan Windows 10, silakan lanjutkan membaca artikel ini, bisa jadi inilah satu-satunya aplikasi Windows 10 yang memiliki fitur upload foto Instagram (sampai artikel ini ditulis).

Sebelumnya, kami pernah mengulas tentang Instagram for Chrome dan Instagrille untuk Windows, namun keduanya belum memiliki fitur upload foto ke Instagram.

Seperti yang tertulis pada judul artikel ini, aplikasi yang akan dibahas adalah InstaPic. Berita baiknya, aplikasi ini gratis dan tentu saja bisa upload foto Instagram. InstaPic dapat diinstall di Windows 8 dan Windows RT Windows 10. Meski bukan aplikasi resmi dari Instagram, fitur-fitur InstaPic bisa dikatakan mewakili (hampir) semua hal yang Anda butuhkan saat mengakses Instagram.

Login atau daftar Instagram melalui InstaPic


Silakan unduh InstaPic melalui link yang tersedia di akhir artikel. Bila sudah punya akun Instagram, silakan langsung login.

login InstaPic Windows 8

Bila belum, Anda bisa mendaftar Instagram menggunakan PC Anda dengan InstaPic, tinggal klik New User? Register dan ikuti intruksi yang muncul.

Daftar Instagram pakai komputer


Jelajahi foto Instagram dengan InstaPic


Setelah proses login, Anda akan disuguhi sebuah foto besar (yang diambil dari salah satu foto yang lagi trending di Instagram) di sisi kiri layar, dan timeline Instagram di sisi kanan layar. Sebelah kanan lagi (setelah scroll), terdapat kumpulan foto populer Instagram.

Instapic homepage

Klik foto yang Anda suka, dan akan muncul pop-up yang menampilkan foto dalam ukuran yang lebih besar. Anda dapat mengomentari atau sekedar menyukai foto tersebut. Tak hanya itu, Anda juga bisa membagikan foto tersebut via Facebook, Twitter, dan email.

Instagram Fakta4


Upload foto Instagram dengan InstaPic


Lalu bagaimana cara upload foto Instagram melalui komputer/PC dengan InstaPic? Gampang, tinggal klik/sentuh ikon kamera di pojok kanan atas layar. Anda bisa memilih foto dari koleksi foto Anda (pilih Choose), atau mengambil foto baru dengan kamera (pilih Capture).

upload foto Instagram Windows 8

Setelah itu, Anda bisa melakukan crop, edit, maupun menambah efek untuk foto Anda dengan menggunakan editor yang tersedia. Editor yang digunakan InstaPic bukanlah editor Instagram, melainkan editor Aviary yang tak kalah mumpuni untuk urusan edit foto (FYI: Twitter juga menggunakan Aviary sebagai editor foto untuk aplikasi mobilenya).

efek foto

Setelah efek diaplikasikan, Anda bisa langsung upload foto ke Instagram langsung dari InstaPic untuk Windows 10.

UPDATE 19/10/2016: Instapic kini tak lagi kompatibel dengan Windows 8/8.1 dan hanya bisa dipasang di Windows 10.

Download InstaPic untuk Windows 10 dari Windows Store

18 komentar:

  1. klo mau liat pemberitahuan dimana bro?
    lwt windows 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klik ikon lonceng sob untuk melihat pemberitahuan :)

      Hapus
  2. kok gw masukin akun inta ke insta pict gk bisa yah?

    BalasHapus
  3. login via web bisa tp pas ane pake insta pic gk bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata memang lagi bermasalah sob aplikasinya. Di Windows Store, banyak user yang mengeluhkan tidak bisa login di InstaPic, padahal sebelumnya lancar2 saja..

      Hapus
    2. UPDATE: Kini aplikasi InstaPic bisa berjalan normal setelah update. Silakan update InstaPic melalui Windows Store dan login ke akun Instagram Anda melalui InstaPic

      Hapus
  4. apakah hanya untuk windows 8 saja, bagaimana dengan windows 7?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, InstaPic tidak dapat diinstall di Windows 7. Sebagai alternatif, silakan coba gunakan emulator Android (BlueStacks misalnya) untuk menjalankan aplikasi Instagram di Windows 7.

      Hapus
  5. kalo error pas upload, biasanya apa masalahnya ya gan??? thanks

    BalasHapus
  6. ane ga bisa upload gan ? gimana

    BalasHapus
  7. HD artwork, Meydi Gunawan: Mungkin masalah koneksi internetnya sob, atau aplikasinya memang lagi error

    BalasHapus
    Balasan
    1. download lagi gtu gan instapic nya..??? koneksi wifi lancar soalnya...

      Hapus
    2. Iya, coba update ke versi terbaru sob

      Hapus
  8. Selain bluestacks apa? soalnya RAM saya cma 1 GB jd gbisa nginstall bluestacks

    BalasHapus
  9. Gan kok ane nyari ga ada ya di Windows Store??

    BalasHapus

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×