16 Juni 2013

Kenali Spesifikasi Hardware Perangkat Android Anda dengan CPU-Z (2.2+)

Ditulis oleh pada 16.6.13
CPU-Z
Bisa dikatakan, pastinya Anda yang sering penasaran dengan spesifikasi hardware PC sudah akrab dengan software CPU-Z. Iya, CPU-Z sangat berguna bagi Anda yang ingin mengetahui informasi detail tentang perangkat keras yang terpasang di PC Anda, seperti model prosesor, clock speednya, model motherboard, kapasitas RAM, VGA, dsb. Kini, seiring dengan meluasnya penggunaan perangkat Android, baik ponsel maupun tablet, mendorong pihak CPUID (pengembang CPU-Z) mengembangkan aplikasi CPU-Z untuk Android.

Fungsinya tentu saja tak jauh berbeda dengan CPU-Z untuk PC namun tentu saja dengan tampilan dan informasi yang berbeda. Tampilan CPU-Z dibagi dalam beberapa tab yang berisi bermacam informasi penting mengenai hardware ponsel atau tablet Android Anda. Misalnya saja tab SoC (System On Chip), yang berisi informasi tentang CPU dan GPU Android Anda, yang melingkupi nama CPU, arsitekturnya, jumlah inti prosesor (core), proses, clock speed, cpu load, dan juga vendor dan renderer GPU. Selain tab SoC, terdapat pula tab System, Battery, Sensors, dan About. Untuk informasi mendetail pada tab-tab lainnya, silakan simak pada screenshot berikut (klik untuk zoom).

CPU-Z SoCCPU-Z System
CPU-Z BatteryCPU-Z Sensors

CPU-Z untuk Android kini masih dalam tahap pengembangan dan masih berada dalam versi beta. Meski demikian, Anda dapat mengunduh CPU-Z untuk Android sekarang juga (dengan gratis) melalui Google Play Store. Sebagai catatan, CPU-Z hanya dapat diinstall pada Android 3.0 ke atas.

UPDATE: Kini CPU-Z bisa diinstal pada perangkat Android yang berjalan dengan Android 2.2 ke atas.

Download CPU-Z untuk Android

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×