16 Maret 2019

Download Aplikasi KBBI Edisi Kelima untuk Android dan iOS

Ditulis oleh pada 16.3.19

Sebagai warga negera yang baik, kita biasa menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk mencari dan menentukan acuan dalam berbagai hal yang menyangkut masalah kebahasaan. Tidak dapat dipungkiri, saat ini terdapat banyak sekali kamus bahasa Indonesia yang beredar, namun kita tetap menggunakan KBBI yang disusun oleh Pusat Bahasa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Masalahnya, untuk kebanyakan orang, Kamus Besar Bahasa Indonesia, sesuai dengan namanya, memiliki ukuran yang besar (tebal dan berat juga tentunya). Selain itu, harganya belum bisa dikatakan terjangkau. Meski demikian, bila tidak/belum ingin membeli, kita bisa membaca atau meminjam KBBI di perpustakaan (masih tetap berat memang 😀).

KBBI V versi cetak yang tebal dan berat
KBBI cetak - Bisa dibayangkan betapa beratnya (Foto: Republika)

Kabar baiknya, untuk memudahkan kita dalam menggunakan KBBI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah menyediakan KBBI Daring yang dapat diakses melalui alamat kbbi.kemdikbud.go.id. Bila Anda lebih memilih untuk offline atau sedang tidak terhubung ke jaringan internet, silakan download aplikasi KBBI Offline di PC atau laptop Anda melalui link berikut ini.

Lalu bagaimana bila kita (sedang) tidak bisa menjangkau PC atau laptop? Apalagi internet? Solusi terbaiknya adalah menggunakan perangkat mobile yang kita miliki 😊

Kamus Indonesia (KBBI) Offline untuk Android

Untuk pengguna perangkat Android, Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-V untuk Android secara gratis. Aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Bahasa tersebut dapat digunakan secara luring alias tanpa koneksi internet.

Aplikasi KBBI V untuk Android

Benar sob, ini adalah aplikasi KBBI resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, jadi tak perlu diragukan lagi keakuratannya. Kalau tidak salah tebak, aplikasi ini juga turut dikembangkan oleh Yuku, developer aplikasi yang dulu pernah merilis aplikasi serupa.

Download Kamus Indonesia (KBBI) Offline untuk Android

Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk iOS

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan perangkat iOS seperti iPhone, iPod Touch dan iPad, silakan unduh dan pasang aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-5 untuk iOS, yang juga dikembangkan oleh Badan Bahasa Kemendikbud.

Aplikasi KBBI V untuk iOS

Aplikasi KBBI Offline untuk iOS tersebut juga bersifat gratis dan tidak membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Sesuai namanya, aplikasi KBBI tersebut mengambil data dari KBBI Edisi Kelima, sehingga lebih lengkap bila dibandingkan dengan kebanyakan aplikasi lain yang masih berdasar pada KBBI Edisi Ke-3.

Download Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk iOS (iPhone, iPod Touch, dan iPad)

Nah, ternyata banyak solusi untuk menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan mudah dan gratis, baik dengan maupun tanpa koneksi internet. Jadi tidak ada alasan lagi untuk merasa berat atau kesulitan dalam belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar melalui KBBI 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×