12 Maret 2013

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android

Ditulis oleh pada 12.3.13
Saat ini, Android merupakan platform yang sangat populer di ranah sistem operasi perangkat bergerak (mobile). Seiring dengan pengembangan yang berkesinambungan, perangkat yang berjalan dengan Android kini telah mampu menggantikan beragam fungsi yang dulu hanya dapat dilakukan melalui PC atau komputer, salah satunya adalah fungsi mengedit foto.

Aplikasi Editor Foto Gratis

Di Google Play Store, terdapat banyak aplikasi edit foto, baik yang gratis maupun berbayar. Kali ini, kami akan menyajikan ulasan singkat tentang 10 aplikasi edit foto gratis untuk perangkat Android Anda.


1. AfterFocus


Ingin foto Anda terlihat seperti foto yang diambil dengan kamera DSLR? Gunakan saja aplikasi AfterFocus. Aplikasi yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar ini memiliki fungsi utama untuk mengaburkan latar belakang foto Anda untuk memperoleh fokus yang realistis dan alami.

AfterFocus
aplikasi AfterFocusselection afterfocus

Penggunaan AfterFocus pun sangat mudah. Cukup pilih area yang ingin Anda fokuskan dan kaburkan, AfterFocus akan secara otomatis mengenali area-area tersebut dan mengubah foto Anda menjadi lebih profesional. Selain itu, AfterFocus juga menawarkan fitur motion blur dan beberapa filter foto menarik.

Download AfterFocus


2. Aviary


Aviary bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi edit foto yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Beragam fungsi editing foto standar tersedia di Aviary, seperti crop, rotate, pengaturan brightness, contrast, dsb.

Photo Editor by Aviary
editor fotocrop

Uniknya, Anda dapat membuat meme dengan Aviary, cukup masukkan teks di bagian atas dan bawah gambar lalu bagikan meme lucu Anda melalui media sosial. Tidak ketinggalan fitur color splash, tilt shift, filter foto, dan berbagai fitur keren lainnya. Selain itu, pengembangnya berkomitmen untuk menambah fitur Aviary sesuai dengan masukan dan kebutuhan penggunanya.

Download Photo Editor by Aviary


3. BeFunky


Menurut klaim pengembangnya, aplikasi BeFunky memiliki efek-efek foto keren yang tidak dimiliki aplikasi edit foto mana pun. Selain efek-efek foto populer, Anda dapat menemukan berbagai efek yang mungkin belum Anda temui sebelumnya.

BeFunky
efek befunkybefunky frames

BeFunky juga menyediakan fitur-fitur editing foto yang diklaim paling mudah digunakan, terdapat pula fitur undo untuk membatalkan efek atau editan yang telah Anda terapkan.

Download BeFunky Photo Editor


4. Little Photo


Little Photo dikembangkan oleh seseorang yang mencintai fotografi. Little Photo menawarkan lebih dari 70 efek foto dan peralatan edit foto yang cocok untuk Anda yang menekuni dunia fotografi.

Little Photo
efek foto Little Photoefek foto Little Photo juga

Sayangnya, hanya 95% fungsi Little Photo yang dapat Anda gunakan, sisanya harus dibeli seharga $3.84. UPDATE 25/03/2019: Aplikasi Little Photo sudah tidak tersedia di Play Store.


4.1 Lumii


Tidak peduli pemula atau pro, Lumii merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan aplikasi editor foto terbaik.

Aplikasi Foto Editor Lumii

Selain fitur pengeditan dasar seperti penyesuaian brightness, contrast, highlights, warmth, shadows, sharpness, dan exposure, Lumii menawarkan beragam filter dan efek foto yang bisa Anda padukan dan simpan sebagai template tersediri.

Download Lumii


5. Photo Grid


Aplikasi Photo Grid berguna untuk membuat foto kolase (beberapa foto yang digabungkan menjadi satu foto).

Photo Grid
Photo Grid free stylePhoto Grid esay to use

Berbeda dengan aplikasi kolase lainnya, Photo Grid tidak membatasi fitur-fiturnya dan mendukung kolase dengan resolusi sampai 1024x1024 px.

Download Photo Grid - Collage Maker


6. Photoshop Express


Aplikasi ini dikembangkan oleh Adobe, yang memiliki fitur-fitur edit foto instan yang siap Anda gunakan kapan dan di mana saja.

Photoshop ExpressPhotoshop Express juga

Selain foto-foto di sdcard, Photoshop Express juga dapat digunakan untuk mengedit foto-foto Anda yang tersimpan di photoshop.com.

Download Adobe Photoshop Express


7. PicsArt


PicsArt merupakan aplikasi edit foto all in one yang mampu mengubah foto-foto Anda menjadi lebih menakjubkan.

PicsArt
PicsArt homePicsArt edit

PicsArt memudahkan Anda dalam memanipulasi foto dengan beragam efek seperti masks, collages, frames, borders, stickers, text effects, stenciler, cartoonizer, sketcher, Orton, Lomo, vintage, cross process, HDR, fattal, pencil, Holgaart, watercolor, dsb.

Download PicsArt - Photo Studio


8. Pixlr-o-matic


Suka dengan efek-efek foto retro? Pixlr-o-matic menawarkan berbagai efek foto retro menarik yang layak Anda terapkan. Lebih dari 100 efek, 280 overlay, dan 200 border yang berbeda disediakan gratis oleh Pixlr-o-matic.

Pixlr-o-matic
Pixlr-o-matic homePixlr-o-matic edit

Download Pixlr-o-matic


9. Snapseed


Snapseed adalah aplikasi photo edit yang dikembangkan oleh Nik Software, yang kemudian diakuisisi oleh Google. Tidak hanya menyediakan berbagai filter foto, Snapseed juga menghadirkan bermacam fitur kustomisasi foto yang berkualitas, seperti Auto Correct, HDR, Selective Adjust, Tune Image, dsb.

Snapseed filter

Fitur edit foto Snapseed

Selain tersedia secara khusus di Google Play, Snapseed juga terintegrasi langsung dengan aplikasi Google+ untuk Android. Jadi, bila sudah memiliki aplikasi Google+, Anda tak perlu lagi memasang Snapseed, langsung saja edit foto Anda dari aplikasi Google+ untuk mendapatkan hasil yang setara dengan Snapseed.

Download Snapseed


10. PhotoDirector


Aplikasi edit foto buatan CyberLink (sebuah perusahaan software multimedia asal Taiwan) ini terbilang cukup ringkas dan cepat dalam menangani pengeditan foto di perangkat Android Anda.

Smart Object RemovalSkin Smoother Enhances Portraits

Salah satu fitur unggulan dari PhotoDirector adalah Smart Object Removal, sebuah fitur yang berguna untuk menghapus objek foto yang tidak diinginkan dengan mudah. Selain itu, bagi Anda yang gemar selfie, terdapat fitur Skin Smoother Enhances Portraits, yang berkhasiat memutihkan sekaligus menghaluskan kulit Anda, sehingga tampak lebih cemerlang di foto 😀

Download PhotoDirector


Bagi saya pribadi, Snapseed merupakan aplikasi editor foto Android yang paling mudah digunakan, dan hasilnya pun terbilang memuaskan. Aviary juga cukup powerful dan bisa melengkapi pengalaman saya dalam mengedit foto. Bagaimana dengan Anda? 😊

12 komentar:

  1. jossss bgt deh infonya, jadi trtarik ma android lagi nih


    yg mau dpt dolar nih, cuma modal klik iklan aja.
    ptc terbaik

    http://www.probux.com/?r=febri

    BalasHapus
  2. siip , android cina gw jg Cross A10 gga kalah sama android2 bermerk . :D bisa di pasang ini itu :D

    BalasHapus
  3. Jadi bingung mau pilih aplikasi yang mana

    BalasHapus
  4. tetep samsung android paling keren....

    BalasHapus
  5. Kurang satu!!! cymera juga oke..

    BalasHapus
  6. selfie editing photo

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.digitalzone.selfiephoto

    BalasHapus
  7. lebih suka camera 360 aja..

    BalasHapus

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×